Produsen Sambut Insentif Motor Listrik Rp8 Juta dari Pemerintah

Produsen Sambut Insentif Motor Listrik Rp8 Juta dari Pemerintah

Otomotif | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 13:56
share

IDXChannel Pemerintah Indonesia sedang menggodok wacana insentif berupa subsidi pembelian kendaraan listrik. Nantinya, masyarakat yang membeli motor listrik bakal mendapatkan pengurangan harga sebesar Rp8 juta.

Ini memungkinkan masyarakat mendapatkan motor listrik dengan harga di bawah Rp10 juta. Tapi perlu diingat, motor listrik yang akan mendapatkan subsidi adalah yang sudah dirakit atau memiliki di Indonesia.

Menanggapi rencana pemerintah, Direktur PT Terang Dunia Internusa Henry Mulyadi mengaku senang dengan wacana tersebut. Menurutnya, ini akan mendorong masyarakat untuk berlaih dari motor konvensional ke motor listrik.

Ini sebuah dorongan yang positif dari pemerintah. Kami sebagai produsen motor listrik sangat optimis dan mendukung penuh kebijakan ini. Untuk itu, kami telah menyiapkan langkah strategis untuk mendorong rencana pemerintah, kata Henry saat ditemui di Serpong, Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

Apabila rencana tersebut benar-benar akan terjadi, Henry merasa penjualan motor listrik akan alami peningkatan besar.

Bahkan, ia meyakini dengan fasilitas yang dimiliki United E-Motor saat ini, bisa menjual motor listrik di bawah harga Rp10 juta.

Dengan adanya subsidi, jika benar subsidi itu Rp8 juta, tentu saja sudah dipastikan kami bisa menjual motor listrik dengan harga di bawah Rp10 juta. Subsidi pemerintah pasti akan mendukung penjualan motor listrik secara menyeluruh, ujarnya.

Namun, dengan adanya wacana subsidi tersebut, Henry mengakui ada konsumen yang memutuskan untuk menunda pembelian motor listrik. Ia mengungkapkan konsumen menahan diri hingga tahun depan untuk melihat kejelasan dari rencana pemerintah.

Pastinya ada konsumen yang menunda pembelian. Biasanya mereka sudah coba-coba dulu motornya, tapi mereka bilangnya belinya nanti pas ada subsidi. Kami tidak bisa memaksa mereka untuk beli, itu kan hak mereka, ungkapnya.

Seperti diketahui, PT Terang Dunia Internusa telah memperkuat komitmen mereka dengan menambah modal investasi sebesar Rp124 miliar. Ini dilakukan untuk pembelian pabrik seluas 54 ribu m2, dan bangunan pabrik seluas 35 ribu m2.

Nantinya, pabrik tersebut akan dilengkapi dengan berbagai keperluan produksi motor listrik, sehingga Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) menjadi lebih banyak. Ini dapat menekan harga jual motor listrik menjadi jauh lebih terjangkau.

United E-Motor juga dipastikan bakal meluncurkan dua model motor listrik baru dengan harga di bawah Rp20 juta demi menjawab permintaan pasar.

(SAN)

Topik Menarik