5 Fakta Menarik Nathan Tjoe-A-On, Pemain SC Heerenveen yang Jadi Andalan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

5 Fakta Menarik Nathan Tjoe-A-On, Pemain SC Heerenveen yang Jadi Andalan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Olahraga | inews | Jum'at, 26 April 2024 - 22:17
share

JAKARTA, iNews.id - Fakta menarik Nathan Tjoe-A-On jadi perbincangan hangat pencinta sepak bola Tanah Air. Timnas Indonesia U-23 berhasil mengamankan tiket semifinal Piala Asia U-23 2024. 

Skuad Garuda Muda mampu kalahkan Korea Selatan lewat babak adu penalti. Kemenangan harus ditentukan lewat babak tos-tosan usai kedua kesebelasan bermain imbang 2-2 hingga babak tambahan waktu. 

Skuad asuhan Shin Tae-yong tinggal menunggu calon lawan di babak semifinal antara Uzbekistan atau Arab Saudi. Kedua tim dijadwalkan akan bertanding pada Jumat, 26 April 2024, pukul 21.00 WIB. 

Kesuksesan Timnas Indonesia U-23 melangkah ke babak semifinal tak lepas dari peran salah satu pemain naturalisasi, Nathan Tjoe-A-On. Pemain SC Heerenveen ini posisinya seolah tak tergantikan di starting eleven. 

Nah, apa saja fakta menarik Nathan Tjoe-A-On? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/4/2024). 

Fakta Menarik Nathan Tjoe-A-On

1. Pemain Naturalisasi Berdarah Jawa 

Memiliki nama lengkap Nathan Noel Romejo Tjoe-A-On. Ia lahir di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001. Pemain yang kini genap berusia 22 tahun ini terbiasa main di posisi bek kiri. 

Darah Indonesia mengalir dari sang kakek yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Pemain bertinggi 1,82 mengambil sumpah setia sebagai WNI pada 11 Maret 2024 lalu. 

Nathan mengawali laga debut di Timnas Indonesia kala berjumpa Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ia diturunkan sejak menit awal oleh Shin Tae-yong guna menempati posisi bek kiri. 

2. Jendral Lini Tengah Timnas Indonesia

Meski berposisi asli sebagai bek kiri, Nathan diplot sebagai gelandang bertahan oleh Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 2024. Pelatih asal Korea Selatan itu melakukannya sebab pemain yang biasa menempati posisi tersebut, Ivar Jenner harus absen lantaran akumulasi kartu merah yang didapatnya saat jumpa Qatar. 

Nathan mulai mengambil posisi barunya sebagai gelandang bertahan di laga kedua Grup A kontra Australia. Tak disangka, pemain yang dipinjamkan Swansea City ke SC Heerenveen itu mampu menciptakan satu assist atas gol tunggal yang dicetak oleh Komang Teguh. 

Nathan kembali diplot sebagai gelandang bertahan di laga pamungkas Grup A kontra Yordania. Bermain selama 90 menit, ia mampu menjaga kestabilan lini depan dan belakang. 

3. Bek Sayap Kiri dan Berkaki Kidal 

Menurut Transfermarkt, Nathan merupakan pemain berkaki kidal. Itu cocok bagi dirinya yang biasa menempati posisi bek kiri. Sebab, posisi tersebut haruslah dimiliki oleh pemain yang memiliki kemampuan umpan silang menggunakan kaki kiri. 

Nathan sempat menimba ilmu sepak bola di akademi Excelsior. Bahkan, pemain bertinggi 1,82 m ini dipromosikan ke tim senior klub tersebut pada musim 2019/2020. 

Nathan mampu membawa Excelsior ke kasta tertinggi Liga Belanda atau Eredivisie pada musim 2022/2023. Meski begitu, ia dilego ke Swansea City semusim berselang dengan tebusan mahar Rp6,08 miliar. 

Baru setengah musim berjalan, Nathan dipinjamkan ke klub Eredivisie, SC Heerenveen. Swansea City memutuskan untuk meminjamkan sang pemain guna mendapatkan menit bermain yang banyak. 

4. Bermain Impresif di Tiga Laga

Meski berposisi sebagai bek kiri, Nathan mampu tampil impresif di lini tengah. Merujuk sumber AFC, bek berkaki kidal mampu melepaskan 25 umpan dengan 40 persen terjadi di wilayah lawan pada babak fase grup. 

Tak hanya lihai dalam menyerang, Nathan juga turut membantu pertahanan dengan melakukan tujuh kali duel dengan persentase kemenangan hingga 60 persen. Ia juga melakukan tiga kali tekel dan dua kali intersep.
 

5. Didatangkan ke Qatar dengan Lobi Cukup Sulit

Mendatangkan Nathan ke Piala Asia U-23 2024 ternyata bukan jadi perkara mudah. Bahkan, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir harus turun tangan guna melakukan lobi ke klub sang pemain SC Heerenveen. 

Sebelumnya, SC Heerenveen dan PSSI sepakat untuk meminjam Nathan hingga babak penyisihan grup saja. Namun, Erick Thohir kembali melobi klub Eredivisie tersebut untuk meminjam sang pemain lagi di laga perempat final versus Korea Selatan. 

Demikian ulasan mengenai fakta menarik Nathan Tjoe-A-On. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik