Daftar Lengkap 24 Negara Lolos Euro 2024, Georgia Jadi Tim Debutan

Daftar Lengkap 24 Negara Lolos Euro 2024, Georgia Jadi Tim Debutan

Olahraga | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 06:23
share

BERIKUT daftar lengkap 24 negara lolos putaran final Euro 2024 setelah tiga kuota terakhir berhasil didapat usai final Playoff Kualifikasi pada Rabu (27/3/2024) dini hari WIB.

Tiga kuota terakhir berhasil didapatkan Georgia, Ukraina dan Polandia. Ketiganya lolos ke Jerman 2024 melalui jalur Playoff Kualifikasi.

Timnas Georgia lolos untuk pertama kalinya ke putaran final setelah menang adu penalti 4-2 atas Yunani di Boris Paichadze Dinamo Arena. Adu penalti harus digelar setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol hingga perpanjangan waktu.

Adu penalti juga harus dilewati Timnas Polandia setelah bermain imbang tanpa gol kontra tuan rumah Wales di Cardiff City Stadium. Dalam adu tendangan 12 pas itu, Robert Lewandowski dkk menang 5-4.

Sementara Timnas Ukraina lolos ke putaran final setelah melumat Islandia 2-1. Bermain di Tarczynski Arena, Ukraina sempat dikejutkan dengan gol tim tamu melalui Albert Thor Gudmundsson pada menit ke-30.

Namun, Ukraina berhasil comeback di babak kedua lewat dua gol dari Viktor Tsyhankov (54) dan Mykhailo Mudryk (84).

Pada putaran final nanti, Ukraina akan tergabung di Grup E bersama Belgia, Slovakia dan Rumania. Sementara Polandia masuk grup neraka yakni Grup D bersama Belanda, Prancis dan Austria.

Sedangkan tim debutan Georgia tergabung Grup F bersama Turki, Portugal dan Republik Ceko.

Euro 2024 akan digelar di 10 kota di Jerman pada 14 Juni hingga 14 Juli 2024. Pesta sepak bola antarnegara di Benua Biru itu akan dibuka dengan pertandingan antara tuan rumah Jerman vs Skotlandia di Allianz Arena, 14 Juni 2024.

24 Negara Lolos Euro 2024 dan Pembagian Grup

Grup A
Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss

Grup B
Spanyol, Kroasia, Italia, Albania

Grup C
Slovenia, Denmark, Serbia, Inggris

Grup D
Polandia, Belanda, Austria, Prancis

Grup E
Belgia, Slovakia, Rumania, Ukraina

Grup F
Turki, Georgia, Portugal, Republik Ceko

Topik Menarik