Beri Assist Berkelas, Thom Haye Disamakan dengan Andrea Pirlo

Beri Assist Berkelas, Thom Haye Disamakan dengan Andrea Pirlo

Olahraga | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 22:05
share

HANOI, iNews.id Thom Haye jadi buah bibir usai tampil apik saat Timnas Indonesia bantai Vietnam 3-0, Selasa (26/3/2024) malam WIB. Dia bahkan disamakan dengan legenda Timnas Italia, Andrea Pirlo.

Haye yang baru dinaturalisasi turun sebagai starter saat Indonesia bersua Vietnam pada matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion May Dinh. Pemain SC Heerenveen itu tak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan pelatih Shin Tae-yong.

Dia langsung mengeluarkan magis di laga debut dengan memberikan umpan cantik dari sepak pojok yang berhasil ditanduk menjadi gol oleh Jay Idzes menit ke-7. Setelahnya Haye tampil elegan di lini tengah.

Foto: PSSI

Hal tersebut yang membuatnya disorot pencinta sepak bola Tanah Air. Namanya bahkan menjadi salah satu trending topic di Indonesia saat ini.

Akun resmi Timnas Indonesia menyamakannya dengan Andrea Pirlo. Mereka memasang foto Haye berdampingan dengan mantan pemain AC Milan dan Juventus itu.

Sementara itu dua gol Indonesia lainnya dicetak Ragnar Oratmangoen (23) dan Ramadhan Sananta (90+8). Kemenangan ini sekaligus memutus tren negatif Garuda di markas Vietnam.

Setelah 20 tahun lamanya, akhirnya Skuad Garuda berhasil mengalahkan The Golden Star Warriors di Hanoi.

Terakhir kali Timnas Indonesia meraih kemenangan atas Vietnam di Hanoi pada babak penyisihan grup Piala Tiger (selanjutnya menjadi Piala AFF) 2004.

Kala itu, Skuad Garuda yang dinahkodai Peter White berhasil melibas Vietnam dengan skor telak 3-0. Adapun tiga gol tersebut dicetak oleh Mohammad Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma.

Striker Persipura Jayapura Boaz Solossa merayakan golnya ke gawang PSIS Semarang pada pekan pertama Liga 1 2020 di Stadion Klabat, Minggu (1/3/2020) sore. (Foto: Twitter @persipura_)

Kemenangan atas The Golden Star Warriors ini membuat Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke putaran ketiga karena sedang menghuni peringkat dua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin. Sementara Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin.

Timnas Indonesia masih menyisakan dua laga Grup F dengan menghadapi Irak pada 6 Juni dan melawan Filipina pada 11 Juni 2024. Skuad Garuda memiliki keuntungan karena bermain sebagai tuan rumah pada dua pertandingan tersebut.

Topik Menarik