Update Ranking Race To Olympic 2024: Bagas/Fikri Jaga Asa ke Paris

Update Ranking Race To Olympic 2024: Bagas/Fikri Jaga Asa ke Paris

Olahraga | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 18:00
share

JAKARTA, iNews.id - Update ranking race to Olympic 2024 usai Swiss Open 2024 menarik diulas. Ganda putra Indonesia Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri masih berpeluang lolos ke Paris.

Total peserta tunggal putra dan putri di Paris 2024 masing-masing berjumlah 38 pemain. Sedangkan total peserta ganda putra, putri dan campuran masing-masing berjumlah 16 pasangan.

Namun, setiap negara maksimal hanya boleh mengirimkan dua wakilnya ke turnamen empat tahunan tersebut. Untuk sektor tunggal, setiap negara harus memiliki dua wakil di peringkat 16 besar race to Olympic agar bisa mengirim keduanya.

Sedangkan di sektor ganda, setiap negara harus mempunyai dua wakil di peringkat delapan besar race to Olympic untuk bisa mengirim keduanya.

Pasangan ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, berhasil keluar sebagai runner-up Swiss Open 2024. Hasil tersebut membuat mereka kini mengoleksi total 72.179 poin dan duduk di peringkat sembilan.

Bagas/Fikri terus menempel ketat pasangan China, Liu Yu Cheen/Ou Xuan Yi di atasnya yang mengoleksi total 74.458 poin. Peluang Bagas/Fikri untuk bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024 juga masih terbuka dan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia yang berlangsung 9-14 April 2024 mendatang akan menjadi penentuan.

Bagas/Fikri dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024 jika berhasil merebut gelar juara Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 nanti. Sementara untuk menambah poin dan setidaknya bisa mengungguli Ou/Liu, Bagas/Fikri minimal lolos hingga semifinal, itu pun tetap bergantung pada hasil Ou/Liu dengan tidak lolos ke semifinal.

Sementara itu, di sektor lain tak ada perubahan yang begitu berarti, seperti di tunggal putra di mana Viktor Axelsen (Denmark) masih kokoh di puncak dengan 98.715 poin. Dua wakil Indonesia, Jonatan Christie (4) dan Anthony Sinisuka Ginting (6) juga secara hitung-hitungan sudah dipastikan lolos.

Di sektor tunggal putri, An Se Young (Korea Selatan) juga masih memimpin di posisi teratas dengan total 111.314 poin. Sementara itu, wakil Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, juga masih berada di peringkat delapan dan secara matematis memastikan tiket ke Paris.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga dipastikan lolos ke Paris setelah menjuarai All England 2024 beberapa waktu lalu. Sektor ganda putra masih berkesempatan mengirimkan satu wakil lagi jika Bagas/Fikri mampu menyalip perolehan poin Liu/Ou.

Dari sektor ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga akan mewakili Merah-Putih di Paris nanti. Secara hitung-hitungan, mereka dipastikan sudah lolos meskipun saat ini duduk di peringkat ke-9 dengan total 73.293 poin.

Topik Menarik