Daftar 16 Wakil Indonesia Lolos ke Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024, Ahsan/Hendra Mundur

Daftar 16 Wakil Indonesia Lolos ke Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024, Ahsan/Hendra Mundur

Olahraga | inews | Rabu, 20 Maret 2024 - 22:25
share

NINGBO, iNews.id - Ada 16 wakil Indonesia lolos ke Kejuaraan Bulu Tangkis Asia atau Badminton Asia Championships (BAC) 2024 fase kedua. Namun ganda putra senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan lebih memilih mundur.

Sebelumnya pada fase pertama, Indonesia hanya meloloskan 12 wakil. Namun, pada fase kedua ini yang juga daftar final, kuota Tim Merah Putih bertambah menjadi 16 wakil. Sebagai informasi, maksimal kuota setiap negara di tiap sektor adalah empat wakil.

Hal paling mencolok dari daftar pemain yang lolos ini di fase kedua ini adalah pasangan ganda putra veteran, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memilih mundur. Pada fase pertama, mereka masuk dalam daftar pemain yang lolos sebagai ganda keempat Indonesia, namun kemudian memilih mundur.

Alhasil, ganda putra Indonesia hanya akan diwakili tiga wakil saja. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Sayangnya, Indonesia pun tidak akan memiliki wakil lagi di ganda putra karena tidak ada pemain Tanah Air yang masuk daftar reserved.

Pada tunggal putra, sama seperti fase pertama, Indonesia masih akan tetap diwakili dua pemain saja yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie. Bedanya pada fase kedua ini, dua tunggal putra Indonesia masuk daftar reserved. Mereka adalah Chico Aura Dwi Wardoyo dan Alwi Farhan.

Lalu pada tunggal putri, sebelumnya pada fase pertama, Indonesia mempunyai dua wakil lewat Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Kini, di fase kedua, sektor ini dapat tambahan satu wakil lewat Ester Nurumi Tri Wardoyo. Lalu, satu pemain pun masuk dalam daftar reserved yakni Komang Ayu Cahya Dewi.

Berbeda dengan tiga sektor di atas, ganda putri dan ganda campuran meloloskan kuota maksimal yakni masing-masing empat pasang. Sebelumnya, di fase pertama, dua sektor ini hanya meloloskan dua wakil saja.

Pada sektor ganda putri ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose.

Terakhir di ganda campuran ada Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Adnan Maulana/Nita Violina Marwah

Berikut daftar Wakil Indonesia yang Lolos ke Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 pada fase kedua (beserta pemain daftar reserved).

Tunggal Putra (2 wakil)
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie
----
Reserved
1. Chico Aura Dwi Wardoyo
2. Alwi Farhan

Tunggal Putri (3 wakil)
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani
3. Ester Nurumi Tri Wardoyo
----
Reserved
1. Komang Ayu Cahya Dewi

Ganda Putra (3 wakil)
1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
2. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri
3. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri (4 wakil)
1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
2. Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi
3. Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto
4. Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose

Ganda Campuran (4 wakil)
1. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
2. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
3. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja
4. Adnan Maulana/Nita Violina Marwah

Topik Menarik