Back to Back Juara, Fajar/Rian Pertahankan Gelar All England 2024

Back to Back Juara, Fajar/Rian Pertahankan Gelar All England 2024

Olahraga | kutai.inews.id | Senin, 18 Maret 2024 - 04:54
share

BIRMINGHAM, iNewsKutai.id - Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto back to back juara All England. Fajar/Rian berhasil mempertahankan gelarnya setelah mengalahkan jagoan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Fajar/Rian menang dua gim langsung di final dengan skor kembar 21-16 dan 21-16 di Utilita Arena, Birmingham, Inggris, Minggu (17/3/2024) malam WITA. Ini menjadi gelar kedua Fajar/Rian di turnamen bulutangkis tertua di dunia tersebut.

Pada pertandingan tersebut, Fajar/Rian langsung tampil impresif sejak awal. Serangan yang mereka lancarkan sangat efektif menembus pertahanan Chia/Soh sehingga bisa memimpin 6-1.

Chia/Soh kemudian mencoba keluar dari tekanan dan memangkas angka menjadi 3-6 dan 4-7. Namun, Fajar/Rian mampu menjauh lagi dengan keunggulan 11-6 di interval gim pertama berkat permainan apik yang mereka tampilkan.

Variasi serangan smash-smash keras dan bola-bola mendatar yang diterapkan duet Tim Merah-Putih itu membuat Chia/Soh kewalahan. Alhasil, mereka bisa memperlebar jarak menjadi 16-9.

Memasuki poin-poin kritis, Fajri -sebutan Fajar/Rian-itu justru melakukan beberapa kesalahan yang memberikan angin segar bagi Chia/Soh untuk berkembang.

Lawan pun bisa memangkas ketertinggalan mereka menjadi 12-18 dan kemudian 16-20. Beruntung, mereka mampu mendapatkan satu poin terakhir untuk mengamankan gim pertama dengan skor 21-16.

Pada gim kedua, Fajar/Rian unggul 4-2 lebih dulu. Namun, jagoan Malaysia dengan cepat bisa menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Setelah itu, juara All England 2023 tersebut kembali bisa menjauh dengan keunggulan 7-4 dan 9-6.

Akan tetapi, pasangan ranking tujuh dunia itu lagi-lagi membuat kesalahan beruntun yang membuat Chia/Soh lagi-lagi menyamakan skor menjadi 9-9. Kemudian, Fajri berhasil memimpin lagi di angka 14-11.

Mereka pun dengan mudah menjauh dengan keunggulan 16-12 berkat tajamnya serangan dan kukuhnya pertahanan yang mereka tampilkan. Pertarungan sengit pun berlangsung di poin-poin kritis di mana Chia/Soh menolak untuk kalah begitu saja.

Namun, Fajar/Rian benar-benar tampil sempurna pada laga ini sehingga bisa mengunci kemenangan mereka di gim kedua dengan skor 21-16.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com

Topik Menarik