Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Persaingan Kiper Timnas Indonesia Semakin Ketat

Maarten Paes Resmi Jadi WNI, Persaingan Kiper Timnas Indonesia Semakin Ketat

Olahraga | probolinggo.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 16:50
share

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Pertahanan Timnas Indonesia bakal semakin kokoh dengan resminya Maarten Paes sebagai warga negara Indonesia (WNI). Maarten Paes telah resmi menjalankan sumpah sebagai WNI dan siap untuk membela Timnas Indonesia dalam segala pertandingan.

Sesua laman resmi Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, Maarten Paes telah resmi menjadi WNI. Kiper miliki FC Dallas itu mengambil sumpah dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah, R Andika Dwi Prasetya.

Maarten Paes terlihat mengenakan jas dan peci berwarna hitam serta dasi merah saat melakukan sumpah WNI. R Andika Dwi Prasetya pun berharap Maarten Paes bisa memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia.

"Saya berharap saudara memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara," kata R Andika Dwi Prasetya.

Pengambilan sumpah Maarten Paes membuat semua pihak terkejut. Sebab, PSSI tak memberi pernyataan resmi mengenai jadwal pengambilan sumpah kiper keturunan Indonesia-Belanda tersebut.

Kendati demikian, kehadiran Maarten Paes dipastikan menambah kekuatan Timnas Indonesia. Selain itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kini menjadi memiliki pilihan di posisi penjaga gawang karena kerap mengandalkan Ernando Ari.

Sebelumnya, Maarten Paes menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Tetapi, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen akhirnya mengucap sumpah WNI lebih dahulu dan bahkan sudah membela Timnas Indonesia.

Sementara Maarten Paes, dia baru menjadi WNI pada hari ini. Proses naturalisasi Maarten Paes mendapat hambatan karena dia pernah bermain 90 menit bersama Timnas Belanda U-21 di Kualifikasi Piala Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

PSSI pun harus mengajukan banding mengenai status Maarten Paes yang sempat membela Belanda U-21 lebih dahulu ke Pengadilan Arbitrase Olahraga atau CAS. PSSI akhirnya telah menyelesaikan permasalahan Maarten Paes, sehingga bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Kini, Maarten Paes berpeluang tampil bersama Timnas Indonesia di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebab, Skuad Garuda akan menghadapi Irak pada 6 Juni 2024 dan Filipina pada 11 Juni 2024. Dua laga tersebut akan berlangsung di Indonesia.

Topik Menarik