Kisah Dian Sastrowardoyo Akhirnya Putuskan untuk Mualaf

Kisah Dian Sastrowardoyo Akhirnya Putuskan untuk Mualaf

Olahraga | portalaceh.inews.id | Minggu, 17 Maret 2024 - 12:04
share

JAKARTA, iNewsPortalAceh.id- Dian Sastrowardoyo mengungkapkan awal-awal dirinya memutuskan untuk mualaf, dan memilih memeluk agama Islam.

Kisah ini dimulai ketika bertemu dengan Ustadz Rahmat di sebuah pengajian.

Dalam pertemuan itu, Dian sedang mencari jawaban itu menanyakan tujuan seorang manusia hidup di bumi ini kepada sang Ustadz Rahmat tersebut.

Ustadz Rahmat kemudian membuka Alquran dan menunjukkan salah satu ayat dalam Alquran dan menjelaskan tentang pertanyaan yang diajukan Dian Sastro.

Rupanya jawaban Ustadz Rahmat itu membuat Dian Sastrowardoyo terenyuh dan memilih memperdalam Islam. Karena jawaban-jawaban Ustadz sangat logis dan filosofis di matanya.

"Pokoknya menjawab dengan sangat filosofis dan sangat logis dan gue juga enggak nyangka ternyata kejawabnya sama pemuka agama Islam. Ada namanya Pak Rahmat, dan gue enak banget dengerin penjelasannya," kata Dian Sastrowardoyo dalam podcast milik Denny Sumargo dikutip pada Jumat (15/3/2024).

Mendengar kajian Ustadz Rahmat, perlahan-lahan timbul ketertarikan untuk memperdalam ajaran Islam.

"Karena jarang loh nemu kayak pemimpin agama yang ngobrolnya nyambung gitu. Nah, gue tuh harus dijawab pertanyaan-pertanyaan logika, walaupun akhirnya nanti perjalanannya enggak akan logika terus," ucap Dian.

Lebih lanjut, peraih juara pertama pada pemilihan GADIS Sampul tahun 1996 itu mulai mengikuti kajian bersama Ustadz Rahmat, dan langsung mengutarakan niatnya untuk memperdalam Islam.

Saat itu Dian masih berusia 21 tahun dan langsung mendapat jawabannya yang menantang dari Ustadz tersebut.

"Pak saya belajar terus sama bapak gitu, terus kata bapak ‘tergantung kamu mau salat enggak lima waktu'. Karena sekarang saya sudah tahu buat apa (salat), ya saya mau deh. Belajarlah gua besokannya ngafalin Alfatihah," tutur Dian Sastrowardoyo.

Dian Sastro langsung mulai menghafal surat Al Fatihah. Dian mengungkap kalau caranya dalam menghafal Alfatihah dengan membaca artinya.

Pasalnya dia merasa kesulitan untuk menghafal ayat Alquran menggunakan bahasa Arab.

 

"Oh ngafalin pakai buku SD tuh dan kalau gue ngafalin itu kan bahasa Arab susah ya. Iya di umur 21 tahun gue ngafalin Bahasa Arab gitu, tapi yang membantu gue menghafal karena gue aktris, gua harus ngafalin artinya. Karena kalau enggak (tahu artinya), gue enggak bisa menjiwainya kan. Jadi, gue tuh harus hafal artinya. Jadi, di setiap kali gue melafalkan Arabnya gitu, gue bisa menjiwai artinya," tutur Dian Sastrowardoyo.

Topik Menarik