Hasil Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan: Garuda Muda Kalah, Peluang Lolos Olimpiade Masih Terbuka

Hasil Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan: Garuda Muda Kalah, Peluang Lolos Olimpiade Masih Terbuka

Olahraga | inews | Senin, 29 April 2024 - 23:14
share

DOHA, iNews.id- Timnas Indonesia kalah 0-2 atas Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024. Indonesia akan bermain lagi di perebutan juara ketiga dan menjaga asa tampil di Olimpiade Paris 2024.

Laga berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024) malam WIB. Indonesia bermain dengan 10 pemain sejak menit 85 usai Rizky Ridho kena kartu merah.

Jalannya Pertandingan

Uzbekistan mendominasi pertandingan di awal babak pertama. Namun skuad Garuda Muda melakukan pressing yang tinggi.

Hal tersebut membuat Uzbekistan kesulitan merangsek ke area pertahanan Indonesia. Akhirnya tim berjuluk White Wolves itu akhirnya mendapat ruang untuk mengancam menit ke-14.

Abbosbek Fayzullaev melakukan sepakan dari luar kotak penalti. Beruntung tembakan pemain CSKA Moskow itu melebar dari gawang Indonesia kawalan Ernando Ari.

Menit ke-13 Uzbekistan menciptakan shot on target. Alisher Odilov melepaskan sepakan keras dari sudut sempit, namun masih bisa ditepis Ernando.

Lima menit kemudian giliran Ulugbek Khosimov yang mengancam. Dia mengirim tendangan mendatar yang menyamping dari gawang Indonesia.

Menit ke-28 ada sebuah insiden ketika Witan Sulaeman dilanggar di dekat kotak penalti Uzbekistan. Wasit China Shen Yinhao sempat mengecek VAR untuk memastikan penalti atau tidak.

Sayangnya dia malah membatalkan pelanggaran dan melanjutkan pertandingan. Tak lama kemudian pemain Uzbekistan Abdurauf Buriyev melepaskan tendangan keras yang membentur tiang gawang Indonesia.

Uzbekistan terus membombardir pertahanan Garuda Muda. Tapi skor kacamata masih bertahan hingga babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia mulai keluar dari tekanan Uzbekistan. Namun Uzbekistan tetap bisa mengancam dengan tendangan-tendangan jarak jauh.

Indonesia mencetak gol di menit 60. Gol berawal dari kemelut di depan gawang Uzbekistan, bola liar disambar Ferarri.

Namun wasit mengecek VAR. Wasit pun memutus menganulir gol Ferarri karena Sananta dalam posisi offside. Skor masih 0-0.

Uzbekistan justru mencetak gol menit 69. Norchaev mencetak gol usai menyambar umpan di depan gawang Ernando. Indonesia tertinggal 0-1.

Petaka datang di menit 84. Rizky Ridho melakukan pelanggaran keras sehingga diganjar kartu merah. Lalu tendangan bebas Uzbekistan sejatinya berhasil ditepis Ernando namun bola liar disundul pemain Uzbekistan dan membentur mistar.

Bola liar niatnya dibuang oleh Pratama Arhan justru masuk ke gawang sendiri. Indonesia tertinggal 0-2.

Uzbekistan makin mendominasi usai unggul 2-0. Indonesia hanya bisa menyerang dari serangan balik.

Hingga laga usai skor tak berubah. Indonesia kalah 0-2 lawan Uzbekistan. Indonesia akan main di perebutan juara ketiga.

SUSUNAN PEMAIN

TIMNAS INDONESIA U-23: Ernando; R. Ridho, Ferarri, Hubner; Arhan, M. Fajar, Jenner, Nathan; Marselino, Witan, R. Sananta

TIMNAS UZBEKISTAN U-23: Nematov; Khusanov, Davronov, Rakhimjonov, Abdirakhmatov, Rakhmonaliev, Buriev, Fayzullaev, Odilov, Erkinov, Khosimov

Topik Menarik