All Indonesian Final di All England 2024, Jonatan Christie Sebut Nama Tuhan

All Indonesian Final di All England 2024, Jonatan Christie Sebut Nama Tuhan

Olahraga | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 09:19
share

BIRMINGHAM, iNews.id Dua tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting bertemu pada final All England 2024. Jojo sapaan Jonatan Christie menyebut nama Tuhan merespons momen All Indonesian Final ini.

Jojo melaju ke final usai menyingkirkan wakil India, Lakshya Sen di semifinal, Sabtu (16/3/2024). Tunggal putra ranking sembilan BWF itu menang susah payah dengan skor 21-12, 10-21, 21-15 di Utilita Arena, Birmingham, Inggris.

Pebulu tangkis berusia 26 tahun itu pun akan menghadapi Anthony Ginting untuk memperebutkan gelar juara All England 2024.

Anthony Ginting sukses melaju ke babak final, setelah menyingkirkan wakil Prancis, Christo Popov 19-21, 21-5, 21-11.

Jojo menilai all Indonesia final ini terjadi berkat kebaikan Tuhan. Selain itu, sukses ini merupakan buah dari perjuangan mereka setelah beberapa turnamen terakhir tampil dengan performa kurang konsisten dan membuat banyak pihak tak akan mengirim bisa menembus babak puncak All England 2024.

"Puji Tuhan, semua ini berkat kemurahan dan kebaikan Tuhan kepada saya, Ginting, tim tunggal putra dan tim Indonesia juga, kata Jojo usai semifinal kemarin.

Mungkin tidak ada yang mengira dengan beberapa hasil turnamen belakangan yang naik turun, tapi kita selalu berusaha semaksimal mungkin, kekurangan apa kita perbaiki, kita bangun kemistri dan kita coba lebih solid," ucapnya.

Berbicara mengenai laga semifinal, Jonatan Christie mengakui perubahan strategi yang dilakukan Lakshya Sen membuatnya kesulitan untuk mengantisipasi permainan cepat lawannya tersebut.

Hal tersebut menjadi penyebabnya tertinggal jauh, sehingga dia tak mau memaksakan diri dan melepaskan game kedua diambil oleh Lakshya Sen.

"Sen bermain cukup baik di gim kedua, dia mengubah strateginya dengan bermain lebih cepat dan saya kurang mengantisipasi itu. Alhasil tertinggal jauh dan saya tidak mau memaksa habis-habisan dan langsung mempersiapkan diri untuk game ketiga," ujarnya.

Jojo juga menilai bermain sabar dan lebih bertahan membuatnya bisa mendapatkan kemenangan di game ketiga. Dia menjelaskan hanya bisa berjuang dan memberikan penampilan terbaik, karena Tuhan yang menentukan hasil akhir.

"Di game penentuan saya sudah tahan-tahan saja dengan rally, tidak mau terpancing bermain cepat. Juga bagaimana merapatkan pertahanan," tuturnya.

"Saya berjuang saja karena hasil Tuhan sudah menentukan jadi yang saya pikirkan hanya melakukan yang terbaik," ucapnya.

Selain Jonatan Christie dan Anthony Ginting, Indonesia juga memiliki satu wakil lagi di babak final All England 2024. Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan bertemu dengan unggulan kelima Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Topik Menarik