Legenda Manchester United John O'Shea Ditunjuk Jadi Pelatih Sementara Timnas Irlandia

Legenda Manchester United John O'Shea Ditunjuk Jadi Pelatih Sementara Timnas Irlandia

Olahraga | medan.inews.id | Kamis, 29 Februari 2024 - 13:33
share

MANCHESTER, iNewsMedan.id - Legenda Manchester United, John O'Shea, ditunjuk menjadi pelatih sementara Timnas Irlandia. Alhasil, ia akan langsung mengambil alih tim saat menghadapi Belgia dan Swiss dalam dua laga persahabatan pada Maret 2024.

Menurut laporan The Athletic, Asosiasi Sepakbola Irlandia (FAI) telah memilih O'Shea untuk menukangi Irlandia sementara waktu. Eks bek Setan Merah itu tak sendirian, dia akan dibantu Paddy McCarthy, sosok asisten pelatih di Crystal Palace.

Setelah resmi ditunjuk sebagai pelatih, O'Shea akan langsung memimpin Timnas Irlandia saat menghadapi Belgia dan Swiss dalam dua pertandingan persahabatan di Dublin bulan depan. Setelah itu, mereka tidak akan bermain lagi sampai Juni 2024.

Sebagai informasi, O'Shea telah menjadi bagian dari kepelatihan FAI sejak 2020 bersama Timnas Irlandia U-21. Dia menjadi asisten pelatih tim putra senior Stephen Kenny hingga keduanya meninggalkan peran mereka pada November.

Di level klub, O'Shea pernah melatih Stoke City dan terakhir di Birmingham City bersama Wayne Rooney sebagai asisten. Dia meninggalkan perannya di Birmingham City enam minggu lalu atas persetujuan bersama ketika Rooney dipecat.

Bisa dibilang, penunjukkan O'Shea sebagai pelatih careteker Timnas Irlandia dianggap masuk akal. Sebab, mantan bek Manchester United dan Sunderland ini telah mencatatkan 118 caps bersama Irlandia dalam 17 tahun karier internasionalnya.

Di sisi lain, penunjukan sementara ini memberi FAI waktu untuk menentukan pelatih utama Irlandia. Asosiasi berada di bawah pengawasan ketat atas tata kelolanya dan belum berhasil mendapatkan penunjukan permanen untuk mengikuti keinginan Kenny.

Diperkirakan, pelatih Timnas Inggris U-21 dan eks pemain Timnas Irlandia dengan 40 caps, Lee Carsley, adalah pilihan pertama FAI. Dia diyakini akan meneruskan peran O'Shea nantinya.

Topik Menarik