Nova Arianto Beri Kabar Buruk dari TC Timnas Indonesia U-16

Nova Arianto Beri Kabar Buruk dari TC Timnas Indonesia U-16

Olahraga | inews | Rabu, 28 Februari 2024 - 19:25
share

JAKARTA, iNews.id Nova Arianto memberikan kabar buruk dari pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-16. Pelatih Garuda Asia itu menilai fisik para pemain yang ikut seleksi masih jauh dari harapan.

Seleksi Timnas Indonesia U-16 tahap pertama telah rampung, Rabu (28/2/2024). Ada 98 pemain dipantau Nova dalam tiga gelombang yang digelar sejak 18 Februari lalu.

Nantinya, masih akan ada seleksi lagi pada akhir Maret mendatang. Sebab, Nova masih ingin memantau pemain yang saat ini masih berkompetisi di babak delapan besar Elite Pro Academy (EPA) sehingga tak bisa mengikuti seleksi tahap pertama.

Nova mengungkapkan ada beberapa pemain potensial yang diliriknya pada seleksi tahap pertama ini. Namun, harus diakui, mayoritas pemain pada tahap pertama ini masih perlu dibenahi, terutama dari segi fisik, yang menurutnya masih jauh dari harapan.

"Secara fisik, kami melakukan tes VO2 Max, kita bisa melihat secara garis besar, fisik pemain masih kurang. Sehingga, saya melihat mereka bermain 2x25 menit saja banyak yang kram," kata Nova dilansir dari laman resmi PSSI, Rabu (28/2/2024).

Lebih lanjut, Nova menjelaskan bahwa dirinya memang sangat memperhatikan kekuatan fisik para pemainnya. Sebab menurutnya, hal itu menjadi modal utama agar mereka bisa bermain sesuai dengan filosofi yang diterapkannya.

"Analisis kami, mereka bisa mengatur kapan mau joging, jalan, atau lari. Kalau mereka ingin masuk ke tim U-16, mereka harus bermain dengan filosofi saya," tuturnya.

"Saya membutuhkan pemain-pemain yang mempunyai fisik yang oke. Saya melihat fisik dasar mereka masih jauh dari harapan, jelas pelatih berusia 45 tahun itu.

Para pemain yang nantinya terpilih masuk ke dalam skuad Timnas U-16 dipersiapkan untuk tampil di dua ajang tahun ini. Mereka akan mentas di Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia U-16.

Topik Menarik