Jelang MotoGP Belanda 2022, Joan Mir: Sirkuit Assen Berbahaya di Kondisi Basah

Jelang MotoGP Belanda 2022, Joan Mir: Sirkuit Assen Berbahaya di Kondisi Basah

Olahraga | BuddyKu | Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:24
share

ASSEN Para pembalap MotoGP cukup kesulitan saat melakukan latihan bebas 1 MotoGP Belanda 2022. Joan Mir (Suzuki Ecstar) menyebut cukup berbahaya melintasi Sirkuit Assen dalam kondisi basah.

Hujan dengan intensitas deras turun saat sesi latihan bebas 1 yang dilangsungkan pada Jumat (25/6/2022) kemarin. Hasilnya, para pembalap pun harus lebih berhati-hati untuk mengemudikan motornya agar tidak terjatuh.

Sesi latihan bebas 1 MotoGP Belanda 2022 berlangsung dalam kondisi trek basah (Foto: laman resmi Suzuki Ecstars)

Mir mengatakan bahwa dirinya tidak mengalami banyak kendala di awal sesi tersebut. Namun lama-kelamaan hujan semakin deras yang membuat beberapa bagian sirkuit sedikit tergenang oleh air.

Start pertama tidak terlalu buruk, tetapi di detik kedua saya menyadari bahwa situasinya lebih buruk dari yang saya kira. Beberapa area trek sangat basah dan menyebabkan aquaplaning, ujar Hoan Mir dilansir dari Motosan, Sabtu (25/6/2022).

Pembalap asal Spanyol itu pun merasa kondisi tersebut cukup membahayakan. Psalnya, genangan yang ada di beberapa bagian sirkuit membuat lintasan terasa sangat licin untuk dikendarai dengan maksimal.

Jika kami harus berlari dalam kondisi seperti ini dalam balapan, itu akan berbahaya. Terutama di lintasan lurus, di tikungan lima dan di sektor keempat, imbuh pembalap berusia 24 tahun tersebut.

Meski dalam kondisi yang berbahaya, sesi tersebut justru tetap dilangsungkan. Mir pun menyebut bahwa hal tersebut harus dibicarakan dengan komisi keselamatan dan mencari solusi yang tepat jika situasi seperti itu kembali terjadi.

Saya tidak ingat begitu banyak air yang terakumulasi di trek ini di masa lalu. Untuk beberapa alasan, hari ini dan itu harus dibahas di Komisi Keselamatan, karena tidak ada yang terjadi dalam pelatihan, tetapi jika balapan seperti ini akan menjadi rumit, sambungnya.

Saya akan pergi ke Komisi Keamanan dan kita akan membicarakan hal ini. Itu adalah topik untuk diekspos, untuk melihat apa yang bisa dilakukan, tukasnya.

Topik Menarik