Kisah Tsavanne Mertosono, Pebulu Tangkis Indonesia yang Lanjutkan Karier di Amerika Serikat

Kisah Tsavanne Mertosono, Pebulu Tangkis Indonesia yang Lanjutkan Karier di Amerika Serikat

Terkini | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 22:24
share

TSAVANNE Bethalia Putri Mertosono pernah menjadi salah satu aset masa depan bulu tangkis Indonesia. Tsavanne sempat malang melintang di bulu tangkis nasional pada era 2018 di nomor ganda putri dan ganda campuran.

Tsavanne juga sempat mencuri perhatian di nomor ganda campuran saat berpasangan dengan Dejan Ferdinansyah yang kala itu masih berseragam klub Exist. Mereka bahkan nyaris menembus pelatnas, namun terhenti di semifinal Kejuaraan Nasional (Kejurnas) 2018 kategori Taruna.

Sayangnya, memasuki level dewasa Vanne -sapaan akrab Tsavanne- mengalami kesulitan bersaing hingga akhirnya membuat keputusan besar. Ia memilih hijrah ke luar negeri demi melanjutkan passion-nya di dunia bulu tangkis.

“Sebenarnya ketika memasuki kelas dewasa saya sudah dua kali mencoba untuk ikut turnamen dan bersaing di Indonesia. Tapi pada saat itu masih ada pemain-pemain senior seperti Dian Fitriani, Nadia Melati yang masih lumayan berat,” kata Vanne kepada MNC Portal Indonesia.

“Sementara klub saya Exist saat itu tidak menampung pemain kelas dewasa. Ya, jadi susah juga mau latihan dan sparring. Setelah itu saya ditawari ke Kanada bersama kerabat saya, dan saya berangkat,” lanjut Vanne.

Keputusan inilah yang akhirnya mengawali langkah Vanne bertualang ke negeri orang. Mencoba peruntungan di Kanada pada 2019, Vanne harus menerima nasib karena terganjal Covid-19. Ia pun pulang ke Indonesia pada awal 2021 setelah bertahan selama dua tahun.

Topik Menarik