Kenapa Banyak Brand China Ramaikan Industri Otomotif Indonesia?

Kenapa Banyak Brand China Ramaikan Industri Otomotif Indonesia?

Terkini | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 17:24
share

JAKARTA – Banyak brand asal China meramaikan industri otomotif Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian besar menawarkan mobil listrik dengan harga terjangkau.

Ketua Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) Yohannes Nangoi mengatakan kehadiran merek China tak lepas dari karakteristik Indonesia. Sebagai negara berkembang dan fokus pada kendaraan listrik, Indonesia dianggap pasar yang bagus.

“Indonesia merupakan salah satu pusat ekonomi besar di Asia Tenggara, dengan kaum muda mendominasi mayoritas dari 275 juta penduduknya. Indonesia menjadi pasar mobil yang sangat potensial dan dinamis, sehingga sangat menarik bagi para produsen kendaraan bermotor global,” kata Nangoi di Jakarta Pusat, belum lama ini.

Namun, Nangoi memastikan hal tersebut bukan hal yang negatif, melainkan bagus bagi industri otomotif Indonesia. Banyaknya produsen yang bersaing akan menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan harga yang terjangkau.

Bahkan, produsen asal China mulai serius dalam meramaikan persaingan industri otomotif di Indonesia. Sejumlah brand asal negeri Tirai Bambu itu sudah melakukan investasi dan akan membangun pabrik di Tanah Air.

“Saat ini produsen mobil global, khususnya dari Tiongkok, terus bidik pasar Indonesia, dan mereka semangat berinvestasi guna membangun pabrik dan infrastrukturnya di Tanah Air. Bagi Gaikindo ini tentu menjadi hal yang sangat positif bagi perkembangan industri otomotif Indonesia,” ujar Nangoi.

Topik Menarik