Sosok Jenderal Kopassus di Balik Kesuksesan Operasi Tempur Merebut Distrik Homeyo dari OPM

Sosok Jenderal Kopassus di Balik Kesuksesan Operasi Tempur Merebut Distrik Homeyo dari OPM

Nasional | okezone | Rabu, 8 Mei 2024 - 17:08
share

JAKARTA - Sosok Jenderal Kopassus di balik kesuksesan Operasi Tempur merebut Distrik Homeyo dari OPM menarik untuk diulas.

Pasukan gabungan TNI-Polri, Satgas Nanggala Kopassus merebut Distrik Homeyo di Kabupaten Intan Jaya, Papua, yang sempat diduduki oleh kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM)/Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama tiga hari.

Satgas Nanggala Kopassus juga berhasil mengevakuasi jenazah warga sekitar bernama Alexander Parapak dalam operasi tempur kilat tersebut.

Adalah Brigjen TNI Lucky Avianto yang saat ini bertugas sebagai Komandan Korem 172/Praja Wira Yaksa. Jenderal Kopassus ini memimpin operasi kilat selama 20 menit untuk merebut kembali Distrik Homeyo dari teroris (OPM) pimpinan Keni Tipagau pada awal Mei 2024.

"Operasi evakuasi dari wilayah Distrik Homeyo merupakan kegiatan kemanusiaan untuk mewujudkan situasi keamanan wilayah yang kondusif guna mendukung semua proses percepatan pembangunan Papua," ujar Panglima Kogabwilhan III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, dalam keterangannya yang diterima Okezone, beberapa waktu lalu.

Teroris OPM juga melakukan aksi brutal dengan menembaki kompleks Polsek Distrik Homeyo, membakar satu SD Inpres, dan membakar empat rumah masyarakat.

Pasukan Satgas Nanggala Kopassus bergerak cepat untuk merebut kembali Distrik Homeyo dari tangan kelompok OPM.

Topik Menarik