Mengenal Skincare Beretiket Biru yang Berbahaya untuk Kulit

Mengenal Skincare Beretiket Biru yang Berbahaya untuk Kulit

Terkini | okezone | Senin, 6 Mei 2024 - 15:33
share

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terus gencar mengawasi klinik-klinik kecantikan yang mendistribusikan produk beretiket biru. Pasalnya, produk skincare beretiket biru itu mengandung obat keras yang tentunya berbahaya untuk kulit.

Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan BPOM, Irwan, S.Si, Apt, M.K.M menjelaskan menurut penelitian, lebih dari 36,2 persen masyarakat Indonesia beranggapan treatment ke klinik kecantikan lebih menarik dibanding belanja ke mall.

Dalam kesempatan yang sama, Irwan juga menjelaskan skincare beretiket biru ini merupakan perawatan kulit yang mengandung bahan obat keras yang dibuat secara massal dan tanpa pengawasan serta resep dokter.

“Skincare ini juga bisanya peredaran atau promosinya secara online, jadi produk yang seharusnya dibuat secara personal diberikan resep dokter tapi ini dilakukan secara bebas oleh siapa pun,” jelas Irwan dalam acara Kick-Off Kampanye Nasional “Waspada Skincare Beretiket Biru yang Tidak Sesuai Ketentuan”, Senin (6/5/2024).

 BACA JUGA:

Menurut Irwan banyak masyarakat yang belum paham terkait skincare beretiket biru ini. Masyarakat awam menganggapnya sebagai kosmetik, padahal obat karena ada kandungan tambahan obat keras di dalamnya.

 BACA JUGA:

Pastinya penggunaannya tidak boleh sembarangan dan juga dalam jangka waktunya terbatas. Tapi hal itu tidak dilakukan karena lagi-lagi masyarakat tidak paham.

Topik Menarik