TNI AL Kerahkan Kapal Perang Kirim Bantuan dan Evakuasi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Ruang

TNI AL Kerahkan Kapal Perang Kirim Bantuan dan Evakuasi Masyarakat Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Nasional | okezone | Kamis, 18 April 2024 - 13:36
share

JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) mengerahkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk mengevakuasi masyarakat serta mengirimkan bantuan akibat erupsi Gunung Ruang, di Sulawesi Utara.

KRI Kakap-811 unsur TNI AL yang dikerahkan ke lokasi bencana membawa bantuan kemanusiaan dari Kementrian Sosial serta sejumlah bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat, ungkap Kepala Staf TN AL (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali dalam keterangannya, Kamis (18/4/2024).

Ali juga mengatakan, jajarannya akan melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sekaligus bekerja sama dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat, dalam penanggulangan bencana alam.

Untuk itu kita selalu stand by pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana, serta kita siapkan kapal-kapal terkait, ujarnya.

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy J. Tangka mengatakan dalam operasi OMSP, TNI AL menyiapkan kekuatan sebanyak 400 personel yang terdiri dari personel unsur KRI, Markas Komando Lantamal VIII, personel Pangkalan TNI AL (Lanal) Tahuna, personel Marinir Yonmarhanlan dan tenaga kesehatan TNI AL untuk pengoperasionalan Posko Penanggulangan Bencana.

Topik Menarik