Cerita Gus Dur yang Minta Nahdliyin Tenang saat Pelengseran Dirinya Agar NU Tak Dibubarkan

Cerita Gus Dur yang Minta Nahdliyin Tenang saat Pelengseran Dirinya Agar NU Tak Dibubarkan

Nasional | okezone | Senin, 8 April 2024 - 09:01
share

JAKARTA - Nahdlatul Ulama (NU) sempat ingin dibubarkan lewat siasat busuk dalam skenario pemakzulan KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dari kursi presiden.

Hal itu diungkap oleh KH Manarul Hidayat saat Haul Almarhumin Sesepuh dan Warga Pondok Buntet Pesantren Cirebon 2023, Sabtu 5 Agustus 2023.

Saat itu, Kiai Manarul diminta Gus Dur untuk menjadi ketua panitia istighatsah di Senayan, Jakarta.

"Jam 2 ke rumah (Gus Dur). Saya dipanggil ketika Gus Dur jadi presiden. Tolong besok kiai jadi ketua istighatsah berita dari langit. Apel akbar," katanya dilansir NUOnline.

Lalu, ia pun menanyakan perihal kepentingan penyelenggaraan acara istighatsah tersebut. Gus Dur pun mengungkap bahwa warga NU atau Nahdliyin yang hendak berdemonstrasi dikhawatirkan menimbulkan chaos.

"Emang apa Gus? Saya kan mau dilengserkan. Itu NU seluruh Indonesia akan datang ke Jakarta. Akan nyerbu gedung MPR. Dikhawatirkan chaos. Ngerusak kantor," katanya.

Kiai Manarul melanjutkan bahwa demo chaos dan perusakan itu bisa menjadi catatan bagi NU untuk dibubarkan. "Akhirnya orang-orang anti NU, 'Bubarkan NU!' karena NU bikin chaos," ujarnya.

"Tolong catat! Asli," lanjut Pengasuh Pondok Pesantren Al-Manar Al-Azhari Depok, Jawa Barat itu.

Kiai Manarul menceritakan bahwa saat Gus Dur berpidato, ia diminta untuk berada persis di bawah Gus Dur, di bawah panggung tempat posisi Gus Dur menyampaikan pidatonya. Namun, dirinya tak mengungkap maksud dari perintah tersebut.

"Di bawah kaki Gus Dur di bawah panggung," katanya.

Istighatsah itu dihadiri ribuan orang. Di situ, Gus Dur meminta semua orang yang berdemonstrasi itu untuk kembali ke rumah masing-masing. "Gus Dur pidato tolong pulang," ujarnya.

"Tolong pulang. Tolong pulang. Tolong pulang. Sebab kalau terjadi chaos, NU akan dibubarkan. Asli nih!" tutur dia

Topik Menarik