Mengetahui Filosofi Masjid Kubus, Informasi Selengkapnya di Okezone Update!

Mengetahui Filosofi Masjid Kubus, Informasi Selengkapnya di Okezone Update!

Nasional | okezone | Senin, 25 Maret 2024 - 16:42
share

Di Kota Baru Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat terdapat masjid unik yang kerap dikunjungi jemaah. Masjid tersebut berbentuk kubus seperti Kakbah di Makkah, Arab Saudi.

Selain mirip Kakbah, masjid bernama Masjid Al Irsyad Satya ini juga memiliki sejumlah ornamen sekaligus bagian dinding masjid bertuliskan kaligrafi.

Setiap kali memasuki bulan Ramadan, menjelang waktu magrib, banyak warga berkunjung untuk mengisi kegiatan ibadah maupun hanya sekedar menunggu waktu buka puasa atau ngabuburit.

Para pengunjung yang hendak melaksanakan ibadah tentu akan merasakan suasana berbeda karena masjid ini tidak seperti masjid pada umumnya.

Terlihat arah kiblat dirancang mengerucut dengan latar alam terbuka yang hijau sejuk nan asri.

Bahkan mihrab khotibnya juga berdiri di tengah kolam ikan dengan batu besar berbentuk lingkaran bertuliskan lafaz Allah.

Terlihat dinding masjid disini juga didesain dengan banyak lubang ventilasi sehingga udara dalam masjid dapat bersirkulasi dengan baik dan tak perlu alat pendingin atau AC.

Beragam kegiatan pun dilakukan untuk mengisi ibadah di bulan Ramadan yakni mulai dari tahfiz, tadarus hingga membagikan takjil dan makanan gratis pada pengunjung.

Sementara itu di Jember, Jawa Timur, juga terdapat masjid yang mirip dengan masjid yang berada di Timur Tengah. Masjid ini bernama masjid Roudhatul Muchlisin.

Masjid ini memiliki keunikan di ornamen yang mengadopsi dari negara Turki dan Madinah sehingga menjadi tempat yang indah untuk dikunjungi.

Masjid ini dibangun pada tahun 1978 dan pada tahun 2016 direnovasi total agar bisa menerima lebih banyak jemaah.

Tak hanya itu, masjid ini juga memiliki rest area yang luas untuk warga yang hendak beristirahat. Usai beribadah, pengunjung bisa menikmati sajian berbuka atau santap sahur di pujasera yang ada di komplek masjid.

Semua informasi ini bisa Anda saksikan di Okezone Updates dengan Channel Okezone TV, Senin (25/3/2024), pukul 21.00 WIB.

Berita menarik lainnya bisa Anda saksikan di Okezone Updates di MNC VISION, K-VISION, MNC PLAY, VISION TV, VISION PLUS, Portal Okezone.com, YouTube Okezone dan Streaming di http://tv.okezone.com/streaming. Tayang setiap hari pukul 21.00 WIB. Jangan Sampai Kelewat ya!

Topik Menarik