Rakor Mudik, Polri Bakal Bahas Antisipasi di Titik Rawan Banjir

Rakor Mudik, Polri Bakal Bahas Antisipasi di Titik Rawan Banjir

Nasional | okezone | Rabu, 20 Maret 2024 - 18:30
share

JAKARTA - Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihaknya bakal menggelar rapat koordinasi (rakor) pada 25 Maret 2024. Salah satu yang dibahas adalah titik mudik rawan banjir.

Polri, kata Trunoyudo, akan menyiapkan sejumlah antisipasi banjir pada titik yang dilalui pemudik, mulai dari zona penyangga (buffer zone), hingga jalur alternatif.

"Iya nanti pada rapat koordinasi 25 Maret, terkait dengan beberapa titik daerah yang ada banjir akan disiapkan, apakah buffer zone, kemudian apakah disiapkan juga dengan alternatif, tentu akan dibahas pada rapat-rapat pada rakor secara lebih komperhensif dan kolaborasi," kata Trunoyudo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Sebelumnya, Trunoyudo mengatakan, Korlantas Polri telah menyiapkan formula untuk mengantisipasi cuaca ekstrem yang akan mengganggu laju kendaraan di jalur penyeberangan antar pulau.

Bahkan, kata Trunoyudo, pihaknya juga mengantisipasi genangan air pada musim hujan, contohnya yang kerap terjadi di Jawa Tengah.

"Polri menyediakan pompa air dengan kapasitas besar sehingga cepat menguras air yang berada di jalan tol. Seperti di Jawa Tengah nantinya akan mencari jalur alternatif dan kita mengawal mencari jalur-jalur alternatif, sehingga aktivitas masyarakat masih beraktivitas seperti biasa," katanya kepada wartawan.

Topik Menarik