Deretan Letnan Jenderal Baru di 2024 Usai Dimutasi Panglima TNI

Deretan Letnan Jenderal Baru di 2024 Usai Dimutasi Panglima TNI

Nasional | sindonews | Jum'at, 3 Mei 2024 - 05:35
share

Sejumlah perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (AD) resmi menyandang pangkat Letnan Jenderal (Letjen) pada 2024. Hal itu menyusul langkah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang mengeluarkan kebijakan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan di jajaran TNI.

Sepanjang 2024, Jenderal TNI Agus Subiyanto tercatat telah beberapa kali melakukan mutasi jajarannya. Kebijakan tersebut sebagai upaya untuk menjawab tantangan ke depan yang semakin kompleks.

Pangkat Letnan Jenderal merupakan pangkat bagi perwira tinggi bintang tiga. Pangkat Letnan Jenderal hanya digunakan oleh perwira tinggi TNI AD. Dalam struktur TNI, ada beberapa jabatan strategis yang diduduki oleh Pati Bintang Tiga.

Berikut ini deretan Letnan Jenderal TNI di 2024:

1. Letnan Jenderal TNI Rudianto

Letjen TNI Rudianto saat ini menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI. Jabatan tersebut diembannya sejak 22 Maret 2024.

Pati TNI kelahiran Kudus, Jawa Tengah, 7 Maret 1967 ini sarat pengalaman. Abituren Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan Kopassus itu telah menjalani berbagai penugasan, baik di satuan militer maupun di organisasi luar TNI.

Sebelum menjabat sebagai Danjen Akademi TNI, Rudianto pernah menduduki jabatan strategis antara lain, Kepala Bais TNI, Irjenad, Pangdam IV Diponegoro. Dia juga pernah diterjunkan dalam sejumlah operasi militer di antaranya Operasi Seroja di Timor-Timur sekarang bernama Timor Leste.

2. Letnan Jenderal TNI Yudi Abrimantyo

Letjen TNI Yudi Abrimantyo masuk dalam jajaran perwira tinggi (Pati) TNI AD. Saat ini, dia menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI. Jabatan penting itu diembannya sejak 22 Maret 2024.

Lulusan Akmil 1989 dari kecabangan Infanteri Kopassus ini pernah menjabat sebagai Paban Utama A-5 Dit A Bais TNI, Bandep Ur Sosbud Deputi Bidang Pengembangan Setjen Wanntanas, kemudian Ses Ditjen Strahan Kemhan. Selain itu, Kabainstrahan Kemhan sebelum akhirnya menjadi Kepala Bais TNI hingga sekarang.

3. Letnan Jenderal TNI Tandyo Budi Revita

Letjen TNI Tandyo Budi Revita saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad). Jabatan strategis tersebut diembannya sejak 21 Februari 2024. Dia menggantikan Letjen TNI Arif Rahman yang akan memasuki masa purna tugas (pensiun).

Letjen Tando Budi merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1991 dari kecabangan Infanteri Kostrad. Jenderal TNI kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, Februari 1969 ini memiliki karier cemerlang. Dia pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di TNI.

Antara lain, Danrindam IX/Udayana pada 2015, Danrem 142/Taroada Tarogau. Pemilik Brevet Kualifikasi Para Raider ini juga pernah menjabat Dirrah Komhan Ditjen Strahan Kemhan pada 2019-2021, Kabadiklat Kemhan pada 2021-2023, Pangdam IV/Diponegoro periode 2023-2024, dan saat ini menjabat Wakasad.

4. Letnan Jenderal TNI Erwin Djatniko

Letnan Jenderal TNI Erwin Djatniko merupakan seorang perwira tinggi TNI AD yang sejak 21 Februari 2024 mengemban amanat sebagai Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad). Tentara kelahiran Cimahi, 6 Juni 1969 itu menggantikan Letjen TNI Hilman Hadi yang memasuki masa pensiun.

Penunjukan Erwin Djatniko menjadi Irjenad berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Abituren Akmil 1992 dari kecabangan Kavaleri ini merupakan lulusan terbaik dan berhasil meraih penghargaan Adhi Makayasa.

Selama mengabdi di militer, kariernya cukup mentereng. Berbagai posisi penting pernah didudukinya antara lain, Dandim 0821/Lumajang, Danrem 043/Garuda Hitam, Wagub Akmil, kemudian naik menjadi Gubernur Akmil, Pangdam III/Siliwangi dan kini menjabat sebagai Irjenad.

5. Letnan Jenderal TNI Mochamad Syafei Kasno

Letjen TNI Mochamad Syafei Kasno merupakan Pati TNI AD yang kini menjabat sebagai sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad). Jabatan tersebut didudukinya sejak 21 Februari 2024.

Pati TNI kelahiran Manado, Sulawesi Utara pada 24 November 1967 ini merupakan lulusan Akademi Militer (1990) dari kecabangan Artileri Medan (Armed). Dia juga merupakan tentara yang memiliki karier cukup cemerlang.

Beberapa jabatan penting yang pernah dipegangnya antara lain, Dandim 0602/Serang, Wadan Pusdik Armed Pussenarmed, kemudian pernah juga menjabat sebagai Danrem 101/Antasari, Kapusdiklat Badan Intelijen Negara (BIN) pada 2017-2019, Pangdam XIV/Hasanuddin, Aster Panglima TNI sebelum akhirnya menjabat Danpusterad.

6. Letnan Jenderal TNI Teguh Muji Angkasa

Letjen TNI Teguh Muji Angkasa saat ini menjabat sebagai sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Danpussenif) TNI Angkatan Darat (AD). Dia menduduki posisi tersebut sejak 21 Februari 2024.

Abituren atau lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 dari kecabangan Infanteri Kopassus ini juga merupakan Jenderal TNI yang memiliki karier militer cukup cemerlang. Berbagai jabatan penting pernah diemban Jenderal TNI kelahiran Madiun, Jawa Timur pada 11 Juni 1967.

Bahkan, pada 2022 tiga posisi penting di TNI pernah dijabatnya mulai dari Danjen Kopassus 2021-2022, kemudian Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih 2022, dan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) sebelum akhirnya menjabat sebagai Danpussenif TNI AD sampai sekarang.

7. Letnan Jenderal TNI Anton Nugroho

Letnan Jenderal TNI Anton Nugroho mengemban amanat sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Jabatan itu diembannya sejak 21 Februari 2024.

Jenderal TNI kelahiran Klaten, Jawa Tengah, 27 September 1966 ini memiliki karier militer yang cukup moncer. Berbagai jabatan penting pernah diemban abituren Akmil 1988 B dari kesatuan Infanteri Kopassus ini.

Jabatan tersebut antara lain, Danyon 22 Grup 2/Kopassus, Dandim 0832/Surabaya Selatan, Danrem 163/Wirasatya, Staf Khusus KSAD. Tidak hanya itu, dia juga pernah menjabat sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Danseskoad), Danpussenif Kodiklatad, dan kini menjabat sebagai Staf Khusus KSAD.

Topik Menarik