Rekapitulasi KPU RI: Prabowo-Gibran Menang Telak di Papua

Rekapitulasi KPU RI: Prabowo-Gibran Menang Telak di Papua

Nasional | okezone | Rabu, 20 Maret 2024 - 18:04
share

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali melanjutkan rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara secara berjenjang tingkat nasional untuk Provinsi Papua, Rabu (20/3/2024) sore hari ini.

Rekapitulasi berjenjang tingkat nasional untuk Provinsi Papua digelar di Panel A. Adapun, perolehan suara untuk Pemilu serentak 2024 yang pertama kali dihitung adalah perolehan suara Pemilihan Presiden (Pilpres).

Ketua KPU Provinsi Papua menyampaikan, bahwa jumlah suara total di Papua sebanyak 684.505 suara. Dengan rincian, 625.034 suara sah dan 59.471 suara tidak sah.

Berdasarkan perolehan suara, pasangan Prabowo-Gibran memiliki suara terbanyak dengan perolehan suara sebesar 378.908 suara. Disusul, pasangan Ganjar-Mahfud dengan perolehan suara sebesar 178.534 suara. Sementara, pasangan Anies-Muhaimin mendapat 67.592 suara.

Usai mendengarkan sejumlah kejadian khusus, Ketua KPU RI Hasyim Asya'ri bertanya kepada forum yang dihadiri para saksi masing-masing paslon dan Bawaslu terkait data D-Hasil Provinsi Papua yang baru dibacakan.

Setelah beberapa menit tidak ada yang mengajukan keberatan, Hasyim pun langsung mengambil keputusan dalam rapat pleno tersebut.

"Perolehan suara Pilpres di Provinsi Papua, dengan ini kita sahkan ya," kata Hasyim sambil mengetuk palu sidang.

Topik Menarik