Kisah Soekarno-Hatta Sahur Pakai Sarden Campur Telur saat Garap Teks Proklamasi

Kisah Soekarno-Hatta Sahur Pakai Sarden Campur Telur saat Garap Teks Proklamasi

Nasional | okezone | Senin, 18 Maret 2024 - 03:09
share

BULAN suci Ramadhan 1364 Hijriah, dua proklamator yakni Soekarno dan Mohammad Hatta, yang ditemani Achmad Soebardjo "lembur" untuk merampungkan teks proklamasi, di rumah Shoso atau Laksamana Muda (Laksda) Tadashi Maeda, di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat.

Teks proklamasi yang semalaman dipikirkan untuk kemudian dituliskan Bung Karno yang lantas diketik Sayuti Melik, di rumah Laksamana Maeda, seorang perwira tinggi Kaigun (Angkatan Laut) Jepang yang bersimpati dengan upaya kemerdekaan Indonesia.

Rumah Laksamana Maeda yang jadi safe house pasca-sejumlah kejadian teror pemuda hingga penculikan Rengasdengklok yang kini, sudah beralih fungsi menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

Di sebuah ruang besar di salah satu sudut rumah Maeda itu, Soekarno-Hatta dan Soebardjo berpikir keras bersilang pendapat dalam pekerjaan lemburnya. Karena yang mereka kerjakan menentukan arah bangsa Indonesia pascamerdeka.

Sementara para pemuda lainnya yang menunggu di ruang tamu, sembari menghitung waktu sampai memasuki waktu makan sahur. Baru sekira lewat pukul 4 subuh, teks proklamasi diselesaikan.

Topik Menarik