TPN Ganjar-Mahfud Bentuk Tim Khusus Perjuangkan Hak Angket Pilpres 2024

TPN Ganjar-Mahfud Bentuk Tim Khusus Perjuangkan Hak Angket Pilpres 2024

Nasional | okezone | Rabu, 28 Februari 2024 - 15:36
share

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bahwa Tim Nasional Pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD telah membentuk tim khusus memperjuangkan hak angket di DPR RI untuk mengusut kecurangan Pemilu 2024. Hasto optimistis hak angket akan bergulir.

Hasto mengatakan berbagai dugaan kecurangan dan kejahatan pada Pemilu 2024 secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM). Belakangan, istilah TSM ramai disebut-sebut karena Pemilu 2024 dinilai telah direkayasa untuk memenangkan salah satu paslon.

Tim khusus yang telah dibentuk sekarang sedang menumpulkan berbagai fakta-fakta di dalam penyelenggaraan pemilu, kata Hasto kepada wartawan di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

Hasto tak menjawab dengan jelas apakah hak angket akan langsung diusulkan di DPR setelah parlemen memasuki masa sidang pada 5 Maret 2024. Namun dia menjawab bahwa saat ini berbagai skenario politik, hukum dan berbagai opsi sedang dikaji oleh tim khusus tersebut.

"Tim khusus akan memberikan rekomendasi terkait dengan strategi lengkap dengan timetable-nya termasuk dengan kemungkinan-kemungkinan penggunaan hak angket, kata dia.

Seperti diketahui, kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar-Mahfud menjadi yang pertama mengusulkan hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Tak hanya dari kubu paslon 03, partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan, yakni Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat mendukung PDIP untuk menggulirkan hak angket DPR guna mengusut berbagai kecurangan dalam Pilpres 2024.

Topik Menarik