Progres Pembangunan JLLB Surabaya Capai 75 Persen

Progres Pembangunan JLLB Surabaya Capai 75 Persen

Nasional | jawapos | Rabu, 23 November 2022 - 19:15
share

JawaPos.com- Hingga akhir 2022, Pemkot Surabaya menargetkan panjang jalan lingkar luar barat (JLLB) yang selesai dibangun mencapai 1,050 kilometer. Hingga kemarin (22/11), secara kontraktual, target tersebut sudah mencapai 75 persen.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDAMB) Surabaya Adi Gunita mengatakan, progres pembangunan saat ini berfokus pada pengangkatan girder di atas jalur kereta api. Satu jalur di sisi barat sudah rampung. Sekarang alat sudah dipindah ke sisi timur dan kami proses untuk lifting 10 girder juga, katanya.

Pemasangan tersebut memang cukup terkendala cuaca. Namun, pihak kontraktor berfokus melakukan pemasangan saat pagi untuk memperkecil kemungkinan adanya cuaca buruk. Karena kami ditarget dari KAI untuk rampung pada 8 Desember. Jadi, kami kejar itu, imbuhnya.

Target tersebut, lanjut dia, berkaitan dengan persiapan angkutan selama Natal dan tahun baru (Nataru) yang makin naik frekuensinya. Adi menjelaskan, pihaknya optimistis pengerjaan di atas rel bisa diselesaikan tepat waktu.

Sementara itu, Pemkot Surabaya juga sudah memulai pembebasan lahan di sisi selatan jalan raya. Permukiman padat penduduk tersebut bakal digunakan untuk melanjutkan JLLB ke arah selatan. Untuk daerah Kendung itu, sudah kami petakan. Sosialisasi kepada warga juga sudah dilakukan, jelasnya.

Pada 2023, pihaknya fokus merampungkan proses pembebasan lahan. Mulai pengukuran, appraisal, pengajuan peta bidang, hingga pembayaran. Adi menjelaskan, target penambahan panjang jalan tahun depan mencapai 1,9 kilometer.

Hal itu didukung lunasnya pembebasan lahan di sisi utara rel kereta api. Pengerjaan juga berjalan lancar. Meskipun, kami masih fokus kejar yang di atas rel dulu, tuturnya.

Terkait pengerjaan JLLB di titik pertemuan dengan jalur menuju Gelora Bung Tomo, flyover Teluk Lamong, dan tol modifikasi Romokalisari, pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah pusat. Kami sudah mengajukan anggaran untuk pengerjaan. Jadi, mengikuti saja kapan akan cair, pungkasnya.

PROGRES JLLB SURABAYA

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Topik Menarik