DPRD Surabaya Minta Bonus Atlet Peraih Medali Porprov Segera Dicairkan

DPRD Surabaya Minta Bonus Atlet Peraih Medali Porprov Segera Dicairkan

Nasional | jawapos | Senin, 19 September 2022 - 11:07
share

JawaPos.com Komisi D Bidang Pendidikan Olahraga DPRD Kota Surabaya meminta Pemerintah Kota Surabaya segera mencairkan bonus atlet peraih medali Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur pada Juli.

Pemkot Surabaya bekerja lambat soal pemberian bonus atlet porprov ini, kata Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Senin (19/9).

Khusnul menyesalkan tiadanya apresiasi untuk atlet yang sudah berjuang sekuat tenaga mengharumkan Surabaya. Kontingen Surabaya menjadi juara umum Porprov VII Jawa Timur 2022 setelah mengantongi 130 medali emas, 99 perak, dan 125 perunggu.

Sejak awal Pemkot Surabaya telah menyatakan akan memberikan bonus kepada atlet peraih medali. Bagi atlet tunggal penerima medali emas akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 32 juta, beregu antara 2-4 orang mendapatkan Rp 27,2 juta, dan beregu lebih dari lima orang mendapatkan bonus Rp 24 juta.

Untuk peraih medali perak tunggal mendapat bonus Rp 16 juta, beregu 2-4 orang Rp 13,6 juta dan beregu lebih dari lima orang sebesar Rp 12 juta. Peraih perunggu tunggal mendapat bonus Rp 8 juta, beregu 2-4 orang Rp 6,8 juta dan beregu lebih dari lima orang Rp 6 juta.

Bonus tersebut sekarang sedang dinanti para atlet. Makanya kami mendesak untuk segera dicairkan, kata Khusnul Khotimah, legislator PDI Perjuangan itu.

Menurut dia, idealnya bonus Porprov langsung diberikan saat penyambutan pada momen makan malam dengan Wali Kota Surabaya. Penyambutan tersebut bukan sekadar seremoni belaka, tapi adalah juga momen ketika atlet pulang membawa bonus karena telah mengharumkan Surabaya langsung.

Khusnul menyatakan, Pemkot Surabaya melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya memang telah meminta maaf atas keterlambatan pemberian bonus itu.

Untuk selanjutnya, saya berharap kejadian ini jangan sampai terulang kembali. Bonus atlet harus diberikan tepat waktu. Sebab para atlet sudah berjuang membawa harum nama Surabaya, ucap Khusnul.

Kepala Disbudporapar Surabaya Wiwiek Widayati sebelumnya menyampaikan, permohonan maaf karena belum bisa memberikan bonus kepada atlet berprestasi dalam Porprov. Kami sekarang masih mengalokasikan kebutuhan untuk bonus atlet melalui PAK (perubahan anggaran keuangan) yang kini sedang dibahas di DPRD Surabaya, terang Wiwiek.

Dia menjelaskan, kenapa bonus untuk atlet Porprov Jatim 2022 hingga kini belum diberikan karena ada penambahan cabang olahraga dan nomor yang dipertandingkan pada Porprov 2022, selain jumlah medali yang diperoleh atlet telah melebihi prestasi 2019.

Waktu itu, awalnya kami mengalokasikan Rp 10 miliar. Nah, karena tahun ini jumlah peraih medali baik emas, perak, dan perunggu semakin banyak, bonus yang diberikan juga semakin banyak, kata Wiwiek.

Topik Menarik