Deretan Mobil Listrik di GIIAS 2022, Apa Saja, Ketahui Keunggulannya

Deretan Mobil Listrik di GIIAS 2022, Apa Saja, Ketahui Keunggulannya

Nasional | jawapos | Senin, 15 Agustus 2022 - 11:36
share

JawaPos.com Pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 secara resmi dibuka pada Kamis (11/8) lalu. Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung sampai pekan depan, Minggu (21/8). Beragam merek kendaraan memamerkan produk-produk terbaik dan andalannya.

Tidak hanya kendaraan konvensional, seperti temanya yakni The Future Is Bright, GIIAS 2022 menjadi ajang pamer deretan merek untuk kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV). Terutama mobil, merek-merek otomotif yang bermain di pasar dalam negeri tak ingin ketinggalan meramaikan gelaran GIIAS 2022.

Dirangkum dari venue acara, berikut deretan mobil-mobil listrik yang punya magnet untuk memikat pengunjung dan tak boleh dilewatkan. Simak pula keunggulan dan fitur teknologi yang disematkan.

Daihatsu Ayla EV

Daihatsu Ayla EV (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Kejutan di acara GIIAS 2022 adalah kehadiran Daihatsu Ayla EV. Pada pameran berskala internasional ini, Daihatsu menampilkan total sembilan unit di GIIAS 2022. Satu unit di antaranya adalah kejutan yakni mobil konsep konversi Ayla BEV atau Battery Electric Vehicle.

Untuk jeroannya, mobil konversi ini tidak banyak diketahui spesifikasi lengkap yang dibocorkan. Namun, Ayla EV ini diklaim memiliki tenaga 60 kW atau setara 92 tenaga kuda. Jika dibandingkan dengan Ayla bermesin bensin biasa yang hanya berada di kisaran 65 sampai 88 hp saja, Ayla EV ini tampak lebih kencang.

Sementara untuk baterai sebagai penunjangnya, pihak Daihatsu mengatakan, Ayla EV memiliki baterai berkapasitas 32 kWh. Baterai dengan ukuran lumayan besar ini diletakkan di bawah bagasinya.

Toyota bZ4X

Toyota bZ4X (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Kendaraan listrik yang wajib dilihat dan diketahui di GIIAS 2022 adalah di booth Toyota dan melongok mobil listrik bZ4X. GIIAS 2022 di Indonesia sendiri menjadi ajang pertama kali di Asia Tenggara mobil Toyota bZ4X dipamerkan.

Secara tampilan, bZ4X yang merupakan bikinan Jepang dan Tiongkok ini punya tampang futuristik. Mobil ini memiliki grille heksagonal kecil di bagian bawah dan terdapat semacam insang vertikal di ujung kanan kirinya.

Untuk performa, bZ4X menggunakan baterai lithium-ion 355 Volt kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi. Sekali mengisi penuh baterai, mobil ini bisa menjangkau jarak hingga 500 km untuk tipe FWD dan 460 km untuk tipe AWD. Baterai mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW, yang mampu mengisi daya 80 persen dalam 30 menit.

Lexus LF-Z Electrified Concept

Lexus LF-Z Electrified dipamerkan di ajang GIIAS 2022. (DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)

Masih dari pabrikan Jepang, ada Lexus yang tak ingin ketinggalan dengan memamerkan mobil listrik konsepnya di panggung GIIAS 2022. Sejalan dengan pengembangan teknologi elektrifikasi untuk mencapai carbon neutrality, melalui kehadiran The Lexus LF-Z Electrified Concept, Lexus Indonesia ingin menampilkan citra masa depan dan arah evolusi Lexus di masa yang akan datang.

Selaras dengan konsep Lexus Driving Signature, melalui sistem DIRECT4, Lexus LF-Z Electrified Concept memiliki sistem penggerak yang dapat berubah secara adaptive dari Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD) atau All-Wheel Drive (AWD) yang juga disempurnakan dengan teknologi Steer-by-Wire untuk memberikan kenyamanan bagi para pengemudi.

BMW iX dan i4

BMW iX (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Lompat ke pabrikan Jerman, ada BMW yang tak mau kalah menghadirkan mobil listrik. Sudah dijual, mobil listrik yang dihadirkan adalah BMW iX dan i4. BMW iX yang dihadirkan di Indonesia adalah model iX xDrive40 yang memiliki tenaga 326 HP dan mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 6,1 detik. Konsumsi daya listrik pada BMW iX diklaim rata-rata di bawah 20 kWh per 100 kilometer.

Kemudian ada BMW i4 yang merupakan model gran coupe empat pintu yang dibekali teknologi BMW eDrive generasi kelima. Model yang tersedia di Indonesia hanya satu, yaitu BMW i4 eDrive40 yang menghasilkan tenaga 340 HP dan dapat menuntaskan akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 5,7 detik.

KIA Niro EV dan EV6

KIA juga menampilkan kendaraan berteknologi full-electric, yaitu Kia Niro EV dan EV6. (Edy Pramana/JawaPos.com)

Kia Niro EV merupakan sebuah compact SUV yang berteknologi full EV yang mengusung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang mampu menghasilkan tenaga puncak 203PS dan torsi maksimal 255 Nm. Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas hingga 64,8kWh. Kia Niro EV diklaim mampu menempuh jarak total hingga 463 km (WLTP cycle).

Model lainnya yang ditampilkan di ajang ini adalah Kia EV6 GT-Line. Model EV6 merupakan model full EV unggulan Kia secara global. Mobil ini menampilkan sosok yang sporty ditunjang dengan penggunaan motor listrik PMSM yang terpasang di kedua sumbu roda (depan-belakang).

Mobil listrik ini mendapat sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm. Kia EV6 diklain mampu menempuh jarak total hingga 506 km berdasarkan uji WLTP.

Fuso eCanter

Selain mobil, di GIIAS ada pula Fuso yang membawa truk listrik eCanter. Fuso eCanter merupakan kendaraan komersial listrik pertama yang diproduksi secara massal di Jepang juga ikut mejeng di GIIAS 2022. Mitsubishi FUSO membawa eCanter ke Indonesia untuk menunjukkan bahwa eCanter siap secara teknis.

Lainnya

Selain yang disebutkan di atas, beberapa mobil listrik lainnya yang juga layak dilongok adalah Wuling Air EV. Kemudian ada juga DFSK Mini EV. Kedua mobil ini sejatinya bukan barang baru, namun tetap mencuri perhatian di GIIAS 2022.

Yang juga patut dilihat adalah MG ZS EV. Diketahui, kendaraan tersebut merupakan model listrik pertama yang dikeluarkan oleh perusahaan legendaris Inggris yang kini dikelola perusahaan Tiongkok.

Tak hanya bisa dilihat, menariknya pengunjung juga dapat melakukan test drive di EV Test Track di hall 10 GIIAS 2022 untuk dapat mencoba berbagai mobil listrik canggih, termasuk kecanggihan teknologi truk listrik eCanter.

Topik Menarik