AS-India akan Gelar Latihan Militer Bersama di Perbatasan Sengketa

AS-India akan Gelar Latihan Militer Bersama di Perbatasan Sengketa

Nasional | reqnews.com | Minggu, 7 Agustus 2022 - 08:29
share

Washington, REQNews.com -- AS akan terlibat dalam latihan militer kurang 100 kilometer dari perbatasan sengketa India-Cina di Himalaya.

CNN memberitakan latihan militer bersama India itu akan digelar pertengahan Oktober di ketinggian 10 ribu kaki di Auli, negara bagian Uttarakhand, dengan fokus berlatih tempur di ketinggian.

Auli berjarak 95 kilometer dari Line of Actual Control (LAC), atau Garis Kontrol Aktual, yang disengketakan India dan Cina. Latihan itu akan berlangsung sebagai bagian edisi ke-18 latihan bersama tahunan Yudh Abhyas, atau Latihan Perang..

Hubungan India-Cina memanas sejak bentrok berarah antara tentara di Himalaya, Juni 2020, yang menewskan 20 tentara India dan empat prajurit Cina.

Ketegangan berlanjut baru-baru ini ketika Cina membangun jembatan yang melintasi danai Pangong Tso, yang terletak di sepanjang perbatasan. India menyebut tindakan Cina sebagai pendudukan ilegal.

Selama kunjungan ke India tahun ini, Komandan Pasifik Angkatan Darat AS Jenderal Charles Flynn menggambarkan pembangunan militer cina di dekat perbatasan sengketa sebagai mengkhawatirkan.

Juru bicara Kementerian Pertahanan AS mengatakan kemitraan dengan India adalah salah satu elemen penting visi AS untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Topik Menarik