Loading...
Loading…
5 Tips Termudah Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

5 Tips Termudah Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

Nasional | telisik.id | Rabu, 03 Agustus 2022 - 09:35

KENDARI, TELISIK.ID - Membangun rumah tangga perlu ilmu agar awet dan tenang, salah satunya adalah mengolah keuangan keluarga.

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga tidak lepas dari masalah keuangan, sehingga mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara yang mudah.

Agar bisa berjalan baik, perlu cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar agar seluruh kebutuhan keluarga bisa terpenuhi.

Dikutip dari Cimbniaga.co.id, banyak faktor yang mempengaruhi keuangan rumah tangga. Mulai dari kebutuhan wajib yang harus dipenuhi, hingga keinginan atau konsumsi yang bersifat tambahan atau hiburan.

Mengatur keuangan rumah tangga bukan hanya menjadi tanggung jawab satu orang saja. Baik suami maupun istri, sama-sama mempunyai peran yang vital dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Risiko yang terjadi apabila salah dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah dampaknya bisa sangat buruk.Pasalnya missedmanajemen dalam mengatur keuangan rumah tangga bisa saja mengganggu keharmonisan keluarga.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut beberapa tips untuk mengelola keuangan dengan baik bagi keluarga:

1. Susun Rencana Belanja Bulanan

Dengan menyusun rencana belanja, keluarga akan tahu hal apa yang memang diperlukan. Di mana cara mudah menyusun rencana belanja ini yaitu dengan rumus 10-20-30-40. Artinya, 10 persen untuk sosial, 20 untuk finansial, 30 untuk utang, dan 40 untuk kebutuhan harian.

2. Identifikasi Kebutuhan dan Keinginan

Keinginanan dan kebutuhan adalah hal berbeda. Usahakan ketika ingin berbelanja fokus terhadap hal yang dibutuhkan.

Dengan begitu semua kebutuhan keluarga akan terpenuhi dengan baik. Jika ada hal yang diinginkan, perhatikan juga seberapa berguna hal tersebut untuk keluarga.

3. Jangan Tunda Angsuran

Angsuran adalah hal yang penting. Ketika mendapat penghasilan, selalu pisahkan untuk membayar angsuran.

Dengan begitu, tidak akan ada beban sehingga pihak keluarga akan dapat membagi penghasilan lainnya untuk kebutuhan.

4. Siapkan Dana Darurat

Selalu siapkan penghasilan untuk dana darurat. Hal ini karena bisa saja ada kejadian yang tidak dapat diprediksi dan membutuhkan pengeluaran.

Oleh karena itu, selain bayar angsuran dan beli kebutuhan, siapkan penghasilan untuk dana darurat. Karena bisa saja ada keperluan yang sifatnya mendadak.

5. Investasikan jika Ada Sisa

Ketika semua kebutuhan sudah terpenuhi dan masih memberikan sisa, keluarga dapat melakukan investasi.

Dengan berinvestasi, keuangan nantinya dapat bertambah dan baik untuk ke depannya. Untuk itu, investasi dapat menjadi opsi jika masih ada sisa penghasilan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Original Source

Topik Menarik

{
{
{