4 Poin Rekayasa Lalu Lintas Jembatan Tunggulmas Kota Malang

4 Poin Rekayasa Lalu Lintas Jembatan Tunggulmas Kota Malang

Nasional | genpi.co | Minggu, 22 Mei 2022 - 07:30
share

GenPI.co Jatim - Jembatan Tunggulmas yang menghubungkan Jalan Tlogomas dan Tunggulwulung Kota Malang bakal difungsikan satu arah mulai 1 Juni 2022.

Pemberlakuan satu arah itu diterapkan hanya sementara, sembari menunggu kelengkapan rambu-rambu lalu lintas di kawasan jembatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Heru Mulyono menjelaskan bakal kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas di area jembatan. Hal ini dilakukan setelah sebelumnya ada perumusan bersama dalam Forum Lalu Lintas, Kamis (19/5).

Nah, pertemuan Dishub Kota Malang dan Forum Lalu Lintas menghasilkan empat poin yang disepakati untuk mengurai kemacetan yang terjadi.

Pertama, perbaikan pemasangan separator/road barrier dan pemasangan rambu larangan putar balik.

Kedua, perbaikan kaki simpang dan pemasangan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) mendesak dilakukan.

Ketiga, kajian transportasi menyeluruh kawasan Tlogomas dan Tunggulwulung mendesak dilakukan.

Keempat, sembari menunggu perbaikan simpang dan pemasangan APILL, diberlakukan arus satu arah dari Jalan Tlogomas menuju ke Jalan Saxophone, serta dilakukan evaluasi secara periodik.

Sebelum memberlakukan satu arah di jembatan Tunggulmas, nantinya akan melakukan perbaikan kaki simpang. Itu dilakukan untuk memudahkan manuver kendaraan yang melintas, ucap Heru, saat dikonfirmasi GenPI.co Jatim, Sabtu (21/5).

Dijelaskannya, untuk pengendara yang melalui kawasan jalan Tunggulwulung menuju Tlogomas, diminta untuk mencari jalan alternatif lain. Pilihan ini mengarahkan pengendara ke dalam Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sebagai persiapan, Dishub Kota Malang dalam waktu dekat akan melakukan komunikasi langsung bersama pihak UMM untuk mendapatkan izin.

Kami buatkan surat izin secara tertulis. Tapi bagaimana pun kami coba dulu sebelum 1 Juni nanti, tandasnya.

Upaya pemberlakuan satu arah ini hanya bersifat sementara saja sembari menunggu pemasangan rambu lalu lintas hingga selesai.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu sistem buka tutup jembatan sempat diberlakukan oleh Pemerintah Kota Malang.

Sistem tersebut dipilih karena melihat kondisi di kawasan tersebut malah menjadi titik kemacetan baru, apalagi jembatan Tunggulmas dibuat sebagai solusi pengurai kemacetan. (*)

Heboh..! Coba simak video ini:

Topik Menarik