Loading...
Loading…
Nggak Ada Lonjakan Kasus Covid-19 Semoga Dua Minggu Lagi Masuk Endemi

Nggak Ada Lonjakan Kasus Covid-19 Semoga Dua Minggu Lagi Masuk Endemi

Nasional | rm.id | Jumat, 13 Mei 2022 - 07:55

Pemerintah bersiap menuju endemi Covid-19. Syaratnya, dua sampai tiga minggu setelah Lebaran tidak ada lonjakan kasus positif Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengakui, Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari pandemi menuju fase endemi. Hal itu didasari oleh beberapa indikator dan dari data-data.

Intinya, dilihat dari angka kasus aktif, positivity rate , tingkat okupansi rumah sakit. Angka kematian sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada, kata Muhadjir di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, kemarin.

Dia menyatakan, berdasarkan survei internal yang telah dilakukan Kemenko PMK di 18 Rumah sakit DKI Jakarta pada Februari 2022, angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia telah turun di peringkat ke-14.

Yang paling tinggi kematian itu kanker, kemudian pneumonia, pneumonia nonspesifik. Sekarang Covid-19 yang meninggal sudah di ranking 14. Jadi, sudah bukan lagi ancaman, ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.

Meski kasus Covid-19 sudah semakin membaik, Muhadjir meminta masyarakat tetap waspada. Mengingat, kasus meninggal dan yang terjangkit juga masih ada.

Baca Juga :
Pakar Sarankan Tetap Waspada Saat Pelonggaran di Ramadhan

Tetapi dilihat dari beberapa indikator itu, kita sebetulnya de facto (secara fakta) sudah menuju ke endemi, terangnya.

Dia menjelaskan, transisi pandemi ke endemi ini dipertaruhkan setelah libur Idul Fitri. Apabila pasca Idul Fitri tidak ada tambahan kasus yang signifikan, maka akan segera menjadi endemi Covid-19.  

Taruhannya setelah libur tahun ini. Kalau nanti setelah Idul Fitri, dua minggu atau tiga minggu tidak ada kenaikan kasus, optimis segera transisi ke endemi, tandas Muhadjir.

Terpisah, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari pandemi menuju fase endemi.

Bisa dikatakan saat ini Indonesia sudah tidak lagi berada dalam kondisi kedaruratan pandemi Covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi, ujar Wiku.

Dasarnya, penularan Covid-19 di Indonesia sudah berkurang signifikan. Data Satgas Covid-19 mencatat angka kasus berada di bawah 1.000 selama 25 hari terakhir. Selain itu, angka keterisian tempat tidur rumah sakit berada di angka 2 persen, begitu pula angka kematian menurun.

Baca Juga :
Jaga Protokol Kesehatan Ingat Ya, Mudik Jadi Penentu Tetap Pandemi Atau Endemi

Akhir April lalu, Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Pemerintah akan hati-hati dalam masa transisi dari pandemi menuju endemi.

Saya tidak ingin kayak negara-negara lain, buka masker, ndak, ini masih ada transisi, tegasnya.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna (9/5), Jokowi juga memastikan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih terus diterapkan, meski kasus aktif harian Covid-19 di Tanah Air sudah menurun. [DIR]

Original Source

Topik Menarik