Loading...
Loading…
Lebaran Usai, Pemudik Arus Balik dari Bandara Soetta Menuju Bali

Lebaran Usai, Pemudik Arus Balik dari Bandara Soetta Menuju Bali

Nasional | genpi.co | Senin, 09 Mei 2022 - 22:00

GenPI.co Bali - Setelah berakhirnya libur Lebaran atau Idul Fitri 1443 Hijriah baru-baru ini terjadi lonjakan penumpang sekaligus pemudik arus balik dari Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten menuju ke Bali.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan memasuki H+4 hari raya besar umat Islam, jumlah penumpang mulai meningkat didominasi kedatangan dari lima kota/kabupaten di Indonesia.

Penumpang didominasi dari wilayah Denpasar - Bali, Medan - Sumut, Makassar - Sulsel, Surabaya Jawa Timur dan Padang Sumbar.

Muhammad Awaluddin mengatakan dominasi kedatangan penumpang pada periode arus balik Lebaran di Bandara Soetta itu paling banyak tercatat dari Denpasar Bali, disusul Medan.

"Pemudik arus balik asal Bali berada di peringkat teratas hari ini, baru disusul Medan," kata Awaluddin.

Peningkatan arus balik di Bandara Soetta termonitor sejak Jumat (6/5) kemarin, dan sudah ada pergerakan pesawat di atas seribu penerbangan yakni persisnya 1.012 dan 135 ribu lebih pergerakan penumpang.

"Sementara, untuk keseluruhan pergerakan pada 20 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, kurang lebih 200 ribu pergerakan penumpang," ujar Awaluddin.

Baca Juga :
Arus Balik, 129.311 Penumpang Padati Bandara Soetta

AP II Bandara Soetta telah memprediksi akan terjadi lonjakan hingga mencapai 137.734 orang dengan pergerakan pesawat 932 penerbangan pada puncak arus balik Lebaran 2022, Minggu (08/05/22).

Menurut Awaluddin, dari 20 bandara yang dikelola oleh AP II, tingkat kunjungan dan pergerakan pada hari ini ada kurang lebih mendekati angka sekitar 1.600 pergerakan pesawat dan di atas 200 ribu pergerakan penumpang.

"Sejak 7 Mei hari ini, 20 Bandara AP II sudah meningkatkan kesiagaan posko angkutan Lebaran, karena diprediksi Minggu adalah puncak arus balik menggunakan transportasi udara khususnya di Bandara Soekarno Hatta ini," tuturnya.

Fakta bahwa adanya peningkatan pemudik arus balik di Bandara Soetta membuktikan bahwasanya, Bali memiliki jumlah pendatang yang cukup banyak setelah berakhirnya libur Lebaran 1443 Hijriah tahun ini. (Ant)

Simak video berikut ini:

Original Source

Topik Menarik