Loading...
Loading…
Ini yang Dilakukan TNI dan Polri untuk Antisipasi Risiko Cuaca serta Jalan Ambles saat Presiden ke IKN

Ini yang Dilakukan TNI dan Polri untuk Antisipasi Risiko Cuaca serta Jalan Ambles saat Presiden ke IKN

Nasional | koran-jakarta.com | Senin, 14 Maret 2022 - 07:03

Jakarta - Jajaran TNI-Polri mengantisipasi segala potensi gangguan termasuk cuaca hujan lebat dan jalan ambles saat Presiden Joko Widodoberkunjung dan menginap di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3).

"Segala kemungkinan sudah diantisipasi. Situasi kondisi sekarang paling rawan perubahan cuaca tak menentu, seperti beberapa hari ini hujan. Tapi alhamdulillah sore tadi mulai terang," kata Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso dalam konferensi pers daring disaksikan dari Jakarta, Minggu malam.

Teguh mengatakan pihaknya bersama jajaran Polda Kalimantan Timur (Kaltim) akan bertanggung jawab melakukan pengamanan pada ring II dan ring III Presiden Jokowi, sementara pengamanan ring I Presiden Jokowi akan dilakukan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Kami berharap selama kegiatan di IKN nanti cuaca bisa cerah, jadi kegiatan bisa lancar dan aman," kata Teguh.

Sementara, Kepala Polda (Kapolda) Kaltim Imam Sugianto menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan sekitar 1.300 personel, termasuk personel pengamanan lalu lintas dan personel intelijen. Seluruh pasukan telah dipecah ke berbagai titik, terutama beberapa lokasi yang rentan terjadi hambatan arus lalu lintas.

Baca Juga :
Jokowi Berkemah di IKN, 2.064 Personel Pengamanan Disiagakan

Kapolda mengatakansempat terjadi jalan ambles beberapa waktu lalu, namun saat ini kondisi jalan sudah diperbaiki. Kepolisian akan menempatkan personel untuk berjaga di lokasi tersebut guna mencegah hambatan lalu lintas.

"Jalan menuju lokasi itu tidak mulus semuanya. Ini yang akan kita tempatkan, manakala rangkaian harus kita ingatkan terutama pengemudiyang melewati jalan tidak rata, kalau tidak salah di KM 60, ada yang kemarin jalan ambles tapi sudah diperbaiki, dan insyaallah kita tempatkan personel di sana," ujar Imam.

Menurut keterangan Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden dijadwalkan bertolak ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, dari Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Senin (14/3).

Sedangkan pada Minggu (13/3) malam ini, Presiden berada di Balikpapan, Kaltim, dan telah memberikan pengarahan kepada para gubernur dari seluruhIndonesia.

Setibanya di IKN Nusantara, Senin (14/3), Presiden bersama-sama para gubernur akan melakukan kegiatan memanjatkan doa untuk keberlangsungan pemindahan dan pembangunan IKN.

Baca Juga :
Jalan di Sumedang Ambles Sepanjang 50 Meter Masih Diperbaiki

"Bapak Presiden mengajak 34 gubernur adalah bahwa kita harus bersama-sama elemen masyarakat untuk menyukseskan program IKN, dan tentunya ini adalah program yang cukup besarsehingga semua elemen masyarakat diminta mendukung dan mohon doanya," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Kemudian, Presiden Jokowi berencana untuk berkemah di kawasan IKN.

"Kami ketika menginap di IKN ini tentunya apa adanya, dan Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana dan lain-lain, tentunya tidak mengurangi keamanan beliau," kata Heru.

Original Source

Topik Menarik