Pakar Ungkap Sosok Capres PDIP Lebih Suka yang Membesarkan Partai

Pakar Ungkap Sosok Capres PDIP Lebih Suka yang Membesarkan Partai

Nasional | jawapos | Kamis, 3 Maret 2022 - 16:05
share

JawaPos.com Politikus PDI Perjuangan, Puan Maharani belum membeberkan siapa sosok nama yang pantas maju sebagai Calon Presiden maupun Calon Wakil Presiden dari PDIP. Menurut Puan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan langsung sosok Capres-Cawapres dari PDIP.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai, PDIP lebih memilih sosok orang yang ikut membesarkan partai berlambang banteng, dibanding orang yang besar dari PDIP. Sebab, Puan belum menyampaikan secara ekspilit sosok yang digadang-gadankan sebagai Capres-Cawapres.

Kalau mendengar pernyataan Puan Maharani tentu Capres-Cawapres dari PDIP merujuk pada tokoh-tokoh yang lebih banyak tidak saja Puan Maharani. Tetapi yang lainnya pun dianggap setara karena mungkin memiliki pengorbanan yg sama terhadap PDIP, kata Dedi kepada JawaPos.com , Kamis (3/3).

Dedi tak memungkiri, ada nama Puan Maharani sendiri yang juga bisa masuk ke dalam bursa Capres-Cawapres. Tetapi, memang PDIP ingin sosok yang ikut membesarkan partainya.

Meskipun lebih lanjut bahwa didalamnya tentu salah satunya adalah Puan Maharani, sehingga dengan konsep menyamakan kader-kader yang lain, punya kesempatan yang sama ini bisa saja menandakan bahwa perjuangan yang Puan lakukan selama ini memiliki alasan, salah satunya adalah kalau kemudian ketum harus memilih Puan sebagai Capres ataupun Cawapres dari PDIP, beber Dedi.

Belakangan memang muncul nama Ganjar Pranowo yang juga digadang-gadangkan sebagai Capres-Cawapres.

Dari sisi statemen Puan, Ganjar termasuk yang miliki peluang tentu jika memamg punya rekam jejak membesarkan PDIP, bukan sebaliknya dibesarkan PDIP. Meskipun simpulannya, arah statemen itu sebagai pembenaran jika Puan jauh lebih banyak berkontribusi dibanding Ganjar, karena Puan ada di struktural, sementara Ganjar hanya diuntungkan faktor elektabilitas, ungkap Dedi.

Sebelumnya, PDI Perjuangan belum memberikan nama yang akan diusung dalam Pemilihan Presiden 2024. Namun, Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDI Perjuangan Puan Maharani memberikan petunjuk sosok yang akan diusung menjadi capres.

Bahwa nanti siapapun yang kemudian diputuskan Ibu Ketum sebagai Capres-Cawapres 2024, orang itulah yang akan kita menangkan untuk jadi presiden yang akan datang, kata Puan ketika menemui kader di Kantor Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDIP Surabaya, Selasa (1/3) malam.

Di hadapan pada kader, Puan membeberkan siapa sosok yang akan dipilih Ketum Megawati Soekarnoputri sebagai Capres 2024. Saya ini juga petugas partai, walau saya anaknya. Ada sih bisik-bisik sama Bu Mega kira-kira siapa, tapi itu rahasia, ujar Puan.

Menurut dia, terdapat beberapa kriteria untuk menjadi calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung PDI Perjuangan. Salah satunya, pernah berdarah-darah untuk PDIP.

Harusnya orang tersebut adalah orang yang memang betul paling tidak pernah ikut berjuang, pernah memperhatikan partai, dan ikut berdarah-darah dalam membangun PDIP selama ini, pungkas Puan.

Topik Menarik