Loading...
Loading…
Ini Sejumlah Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat

Ini Sejumlah Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat

Nasional | republika | Sabtu, 22 Januari 2022 - 10:35

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Wilayah-wilayah itu termasuk wilayah di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Dalam peringatan dini cuaca di situs BMKG, dikutip dari Jakarta, Sabtu (22/1/2022), memperlihatkan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat berada di Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, serta Jawa Timur. Wilayah lain yang diprakirakan mengalami hujan lebat hari ini yang berada di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara wilayah di Jambi, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Selatan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan. Khusus untuk daerah DKI Jakarta, hujan sedang berpotensi terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada siang hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan berdurasi singkat pada siang hingga sore hari serta Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat pada dini hari," demikian peringatan yang dilansir dari laman BMKG.go.id.

Baca Juga :
BMKG Sampaikan Alarm Bahaya, Warga Diminta Waspada, Ini Daerahnya

Sementara hujan ringan dapat terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada siang hari. Hujan ringan juga berpotensi terjadi pada malam hari di Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Pada Sabtu malam, seluruh wilayah Jakarta hingga Kepulauan Seribu diprediksi akan diselimuti langit cerah berawan. Sedangkan pada Ahad dini hari, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan akan mengguyur wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Sedangkan wilayah Jakarta lainnya diperkirakan akan diselimuti langit cerah berawan. Adapun, suhu udara rata-rata Ibu Kota sepanjang Sabtu diperkirakan berada di kisaran normal antara 23 hingga 32 derajat celcius. Dengan tingkat kelembapan udara pada pada Rabu relatif berfluktuasi di kisaran 70 persen hingga 100 persen.

Terkait hujan lebat, BMKG memperingatkan beberapa provinsi berpotensi mengalami dampaknya seperti banjir yaitu Nusa Tenggara Timur yang masuk dalam kategori siaga. Sementara yang masuk kategori waspada dampak hujan lebat pada hari ini adalah Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten dan Bali. Wilayah lain yang masuk kategori waspada adalah Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga :
Hati-hati Masih Musim Hujan, BMKG Minta Warga Waspada Hujan dan Petir

Original Source

Topik Menarik

{
{