Waspadai Cuaca Buruk di Daerah Ini dalam Tiga Hari ke Depan

Waspadai Cuaca Buruk di Daerah Ini dalam Tiga Hari ke Depan

Nasional | koran-jakarta.com | Senin, 17 Januari 2022 - 15:05
share

Makassar - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan mengeluarkan peringatan dini terkait cuaca di wilayah Sulawesi Selatan selama tiga hari mulai Selasa-Kamis (18-12/1) 2022 dengan curah hujan sangat lebat.

Kepala Bagian Tata Usaha BMKG Wilayah IV Makassar Kamal melalui keterangan yang diterima di Makassar, Senin, mengatakan, hasil monitoring perkembangan kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan.

"Hasil analisis dinamika atmosfer, terpantau adanya pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Sulawesi Selatan sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan," katanya.

Kamal menjelaskan, hasil analisis perkembangan musim hujan hingga Dasarian I Januari 2022, menunjukkan bahwa 75 persen zona musim di Sulawesi Selatan sudah memasuki musim hujan.

Dalam tiga hari ke depan (18-20/1), hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi di wilayah Kota Parepare, Kabupaten Soppeng, Barru, Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Maros, Kota Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kemudian hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Luwu Utara, Sidenreng Rappang (Sidrap), Pinrang, Bone, Sinjai, Bulukumba, dan Bantaeng.

Bukan cuma hujan yang dari intensitas sedang, lebat hingga sangat lebat, potensi angin kencang juga akan terjadi di pesisir barat, selatan, dan timur Sulawesi Selatan.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan cuaca saat ini dan terus memperbaharui informasi mengenai cuaca tersebut," demikian Kamal.

Topik Menarik