Keutamaan Baca Doa Sore Hari yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Lengkap dengan Artinya

Keutamaan Baca Doa Sore Hari yang Dianjurkan Rasulullah SAW, Lengkap dengan Artinya

Nasional | jatimtimes.com | Rabu, 12 Januari 2022 - 08:49
share

JATIMTIMES - Membaca doa pada sore hari merupakan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab, banyak manfaat dan keutamaan yang didapatkan seorang Muslim.

Ada beberapa tuntunan doa sore hari yang bisa dibaca dan diamalkan. Doa ini diajarkan oleh Rasulullah SAW seperti diriwayatkan Abu Hurairah RA sebagaimana dikutip oleh Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar.

Dikutip dari islam.nu.or.id , berikut doa yang bisa dibaca sore hari:

Allhumma bika amsain, wa bika nahy, wa bika namtu, wa ilaikan nusyr.

Artinya, "Ya Allah, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali," (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Salah satu manfaat membaca doa pada sore hari adalah agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dari segala marabahaya yang ada di masa mendatang.

Imam At-Tirmidzi juga meriwayatkan doa sore Rasulullah SAW dari Tsauban RA sebagai berikut:

Radhtu billhi rabb, wa bil islmi dn, wa bi Muhammadin shallallhu \'alaihi wa sallama nabiyyan wa rasl.

Artinya, "Aku rela Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama, dan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi dan rasul," (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasai, dan Al-Hakim).

Selain membaca doa, umat muslim niga disunahkan berzikir di sore hari. Dalam hadis yang diriwayatkan Muslim seperti tercantum dalam Al-Adzkar hal 72 dan dikutip oleh bincangsyariah.com, disebutkan bacaan zikir yang bisa diamalkan pada pagi maupun sore.

Man qola hina yusbihu wahina yumsi subhanallahi wabihamdihi miata marrotin lam ya\'ti ahadun yaumal qiyamati biafdhola mimma ja a bihi illa ahadun qola mitsla ma qola au zada alaihi (HR. Muslim, Al-Adzkar Hal. 72)

Artinya: Barangsiapa di waktu pagi dan sore mengucapkan "subhanallah wabihamdihi" sebanyak 100 kali, maka tidak akan ada seorangpun yang dapat mendatangkan keutamaan yg lebih darinya, kecuali juga mengucapkan hal yang sama atau melebihkannya.

Namun perlu diingat, Rasulullah tidak mengkhususkan hari-hari atau waktu tertentu dalam beramal. Amalan yang paling disukai Rasulullah SAW adalah yang dikerjakan secara terus-menerus meski kecil jumlahnya. Seperti diriwayatkan dalam hadis berikut ini:

: : "

Aku bertanya kepada \'Aisyah radhiyallahu \'anha, apakah Rasulullah shallallahu \'alaihi wa sallam mengkhususkan hari-hari tertentu dalam beramal?" Dia menjawab, "Tidak. Beliau selalu beramal terus-menerus tanpa putus. Siapakah dari kalian yang akan mampu sebagaimana yang mampu dikerjakan oleh Rasulullah shallallahu \'alaihi wa sallam?" (HR. Bukhari no. 1987 dan Muslim no. 741).

Topik Menarik