Satu Ekor Sapi Mati Terpanggang Saat Kandang di Pulokulon Terbakar Gegara Api Bediang

Satu Ekor Sapi Mati Terpanggang Saat Kandang di Pulokulon Terbakar Gegara Api Bediang

Terkini | muria.inews.id | Kamis, 9 Mei 2024 - 11:41
share

GROBOGAN,iNewsMuria.id – Satu ekor sapi mati terpanggang dalam kejadian kebakaran kandang di Dusun Krajan, Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Rabu (8/5/2024) malam.

“Kejadian sekira pukul 19.00 WIB, kandang milik Mat Zainuri (37),” jelas Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan melalui Kapolsek Pulokulon AKP Siswanto, Kamis (9/4/2024). 

Kebakaran kandang sapi bermula ketika istri korban, Nungki Prima Sari (33) menyalakan api bediang di kandang yang letaknya berada di belakang rumahnya sekira pukul 18.00 WIB.

Setelah menyalakan api bediang untuk mengusir lalat dan nyamuk di kandang sapi, Nungki kemudian meninggalkannya dan masuk ke bagian depan rumahnya.

Sekira pukul 19.00 WIB, Nungki melihat asap mengepul dari bagian belakang rumahnya. Ketika dicek ke bagian belakang, ternyata terlihat api sudah membakar kandang sapi.

Saksi Nungki melihat itu langsung berteriak meminta tolong sehingga didengar oleh Rosyid (50) dan Siswanto (40). Keduanya segera datang ke lokasi kejadian bersama warga lainnya.

“Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Pulokulon dan Damkar Induk Satpol PP Grobogan,” kata AKP Siswanto.

Warga berupaya memadamkan api dibantu dua unit mobil damkar yang datang ke lokasi kejadian. Sehingga api yang membakar kandang bisa dipadamkan dan tak sampai merembet ke bangunan lain.

Adapun kandang sapi dengan penyangga kayu mahoni dan bambu, dinding bambu serta atap esbes terbakar. Menurut AKP Siswanto kerugian jiwa tidak ada.

“Namun satu ekor sapi seharga Rp16 juta mati terbakar, kerugian lainnya kandang Rp14 juta, sehingga total kerugian Rp30 juta. Penyebabnya api bediang menyambar jerami kering,” ungkap Kapolsek Pulokulon. 

Kapolsek AKP Siswanto atas kejadian tersebut mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat menyalakan api bediang agar tidak menyambar jerami di dekatnya. (*)

Topik Menarik