Ini Momen Terakhir Sebelum Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi Jatuh

Ini Momen Terakhir Sebelum Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi Jatuh

Terkini | inews | Senin, 20 Mei 2024 - 06:35
share

DUBAI, iNews.id - Momen sebelum helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi kecelakaan terdokumentasikan oleh kantor berita Iran IRNA. Tampak helikopter Bell 212 yang dinaiki Raisi serta beberapa pejabat lain meninggalkan lokasi peresmian bendungan.

Gambar diambil oleh jurnalis kantor berita IRNA Ali Hamed Haghdoust, saat helikopter buatan Amerika Serikat (AS) itu baru saja lepas landas dari lokasi dekat dengan perbatasan Azerbaijan, Minggu (19/5/2024).

Saat itu Raisi baru saja menghadiri peresmian Bendungan Qiz Qalasi Damdi di Provinsi Azerbaijan Timur. Bendungan itu merupakan proyek patungan kedua negara. Selain Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian juga berada di helikopter yang sama beserta beberapa pejabat penting lainnya.

Ada tiga helikopter yang membawa para pejabat Iran yang menghadiri peresmian. Dua lainnya mendarat dengan selamat dengan tujuan, namun tidak dengan heli Raisi.

Pencarian masih berlangsung hingga Senin (20/5/2024). Petugas SAR terkendala dengan cuaca buruk di lokasi yang diyakini area jatuhnya helikopter. Lokasi jatuhnya helikopter berada antara Kaleybar and Varzaqan.

Stasiun televisi pemerintah, mengutip keterangan seorang pejabat, melaporkan setidaknya satu penumpang dan seorang kru telah melakukan kontak dengan tim penyelamat. Lokasi jatuhnya helikopter juga sudah diketahui. Meski demikian laporan itu dibantah Bulan Sabit Merah Iran.

Heli tersebut melakukan pendaratan keras di hutan pegunungan akibat cuaca buruk dan kabut tebal. Upaya untuk menjangkau lokasi masih dilakukan. 

Topik Menarik