Kembangkan Skill Untuk Bangun Aplikasi Bisnis dengan Google Play Academy Study Jam

Kembangkan Skill Untuk Bangun Aplikasi Bisnis dengan Google Play Academy Study Jam

Terkini | mnctrijaya | Selasa, 7 Mei 2024 - 10:01
share

Jakarta - Setelah sukses pada tahun lalu, Google Play Academy Study Jam kembali hadir dengan konten baru yang mencakup keterampilan berbasis AI terbaru. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2021, program ini telah melatih lebih dari 6.800 siswa, developer, product manager dan pemasar mobile untuk aplikasi dan game Google Play.

"Kami sangat senang melihat antusiasme dan tanggapan positif yang didapat program ini. Pada tahun 2023 saja, lebih dari 3.100 peserta bergabung dalam program kami untuk meningkatkan keterampilan di bidang-bidang yang krusial bagi kesuksesan aplikasi mereka, termasuk cara memasarkan ke audiens global, praktik terbaik untuk meningkatkan pemasangan aplikasi dan game, mengomunikasikan kisah merek aplikasi dan memastikan kepatuhan kebijakan saat menerbitkan di Google Play Store. Yang lebih mengesankan lagi, 65 adalah pelajar dan 35 adalah developer perempuan," ujar Kunal Soni, Director Google Play, Southeast Asia & Australia.

Google Play Academy Study Jam adalah format kelompok belajar interaktif yang dikelola komunitas untuk membantu pembuat aplikasi dan game baru dan bercita-cita tinggi mempelajari cara mendesain dan meluncurkan aplikasi atau game yang sukses. Program ini berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI)KUMPUL, Google Developer Groups dan Indie Games Groups Indonesia. Program berdurasi 5 bulan ini terdiri dari webinar yang dipimpin instruktur, acara offline dan kursus sesuai keinginan dengan kecepatan belajar masing-masing, yang diakhiri dengan kesempatan untuk mendapatkan Sertifikat Google Play Store Listing.

Konten dan kursus dasar mempersiapkan peserta untuk mendapatkan Sertifikat Google Play Store Listing, sertifikasi gratis yang diakui industri yang dirancang untuk memberdayakan pembuat aplikasi dan game untuk mempromosikan diri mereka secara efektif di Google Play Store. “Selama Google Play Academy Study Jam, saya terhubung dengan para profesional dan developer melalui diskusi, forum dan sesi tanya jawab. Mendapatkan Sertifikat Play Store Listing meningkatkan profil saya sebagai developer aplikasi,” ujar Dauw Bastha Fiastat Lugata, Mahasiswa dan Alumni Google Play Academy Study Jam. 

 

Sekilas mengenai program 

Rincian khusus:

  • Kursus online bersifat mandiri dan membutuhkan waktu belajar total sekitar 4-6 jam.

  • 16-20 ‘study jam’ adalah kelas yang dipimpin instruktur, diselenggarakan selama 6 bulan.

 Kurikulum:

  • Mengkomunikasikan kisah merek yang kuat melalui listing aplikasi atau game Anda di Play Store.

  • Menghindari pelanggaran kebijakan umum pada listing Anda di Play Store.

  • Menerapkan praktik terbaik untuk meningkatkan dan melibatkan pengguna aplikasi atau game Anda.

  • Memasarkan aplikasi dan game Anda ke audiens global.

Penambahan konten baru pada program: 

  • Mendorong perolehan dan pertumbuhan pengguna melalui fitur pelaporan analitik berbasis AI yang baru.

  • Menciptakan konten kustom terbaik di kelasnya untuk listing Anda di Play Store dengan Gemini.

Keuntungan Utama yang ditawarkan tanpa biaya kepada peserta: 

  • Sertifikat yang diakui industri: Ini menunjukkan kompetensi Anda dalam bidang yang diminati.

  • Pelatihan dasar dalam keahlian pemasaran digital seluler yang sangat diminati: Membekali Anda dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan.

  • Keanggotaan dalam Jaringan Alumni Sertifikat Google Play Store Listing: Terhubung dengan para profesional lainnya.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti program ini, pendaftaraan telah dibuka sejak 2 Mei, dan developer dapat mengirimkan lamaran mereka di https://goo.gle/ID-studyjam hingga akhir Mei 2024. (*ITK/R)

Topik Menarik