Tanaman Padi Diserang Hama Wereng, Petani di Desa Pasirloa Gagal Panen

Tanaman Padi Diserang Hama Wereng, Petani di Desa Pasirloa Gagal Panen

Terkini | lebak.inews.id | Rabu, 17 April 2024 - 17:50
share

PANDEGLANG, iNewsLebak.id - Para petani sawah di Desa Pasirloa, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mengalami gagal panen karena tanaman padi di sawahnya diserang hama wereng. Kerugian pun diperkirakan puluhan juta rupiah.

Tanaman padi di sawah yang luasnya sekitar 15 hektare, awalnya tumbuh normal, namun tiba-tiba mendadak membusuk dan mengering, sehingga para petani sawah mengaku terjadi gagal panen pada tahun ini. 

Padahal para petani sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan padi dari hama wereng, salah satunya dengan memberikan obat.

Obat-obatan yang sudah digunakan para petani yaitu berupa pestisida dan insektisida, namun upaya tersebut justru membuat hama semakin merajalela, sehingga tanaman padi membusuk pada bagian akar, lalu mengering.

Eni, salah satu petani warga Desa Pasirloa mengatakan bahwa tanaman padinya mengalami gagal panen akibat serangan hama wereng.

 

"Serangan hama wereng saat ini merupakan yang terparah jika dibandingkan musim sebelumnya. Sehingga para petani mengalami kerugian puluhan juta setiap hektarenya," ujarnya, Minggu (14/4/2024).

Kata Eni, para petani sawah di Desa Pasirloa berharap kepada pemerintah agar turun tangan melakukan survei ke lokasi dan membantu para petani mencarikan solusi. 

Selain itu, mereka juga berharap bantuan berupa pupuk, bibit, dan obat-obatan, karena mereka sudah mengalami kerugian besar pada musim ini.

Topik Menarik