Penetapan Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran: Anies-Cak Imin Hadir, Ganjar Pranowo Absen

Penetapan Presiden-Wapres Terpilih Prabowo-Gibran: Anies-Cak Imin Hadir, Ganjar Pranowo Absen

Terkini | kutai.inews.id | Rabu, 24 April 2024 - 12:00
share

JAKARTA, iNewsKutai.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

Penetapan presiden-wapres terpilih ini dilakukan dalam rapat pleno terbuka di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024).

"Menetapkan, pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 Nomor Urut 02 Saudara Prabowo Subianto dan Saudara Gibran Rakabuming Raka dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 atau 58,59 dari total suara sah nasional sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih periode tahun 2024-2029," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari saat membacakan berita acara penetapan KPU.

Menariknya, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tampak menghadiri rapat pleno penetapan presiden-wapres terpilih. Sebelumnya, pasangan Amin ini mengajukan gugatan sengketa pilpres namun ditolak Mahkamah Konstitusi.

Sebaliknya, pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak terlihat hadir di KPU.

Ganjar tidak tidak menghadiri penetapan Prabowo-Gibran karena dikabarkan sedang berada di Yogyakarta. Padahal, sebelumnya KPU mengaku sudah melayangkan surat undangan kepada seluruh pasangan calon.

"Ini adalah sebuah proses bernegara dan kita menghormati proses bernegara ini hingga tuntas. Karena itu, kami bersama di sini menghormati proses," ungkap Anies mengenai alasannya hadir dalam rapat pleno penetapan presiden-wapres terpilih.

Meski demikian, Anies menyebut jika sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) tidak boleh dilupakan. Alasannya, banyak catatan yang harus menjadi bahan perbaikan dalam pelaksanaan pemilu kedepannya.

"Kami ingin mengingatkan bahwa pada sidang MK kemarin, banyak sekali catatan-catatan yang harus menjadi bahan perbaikan, dan itu harus. Di sisi lain kita hormati proses bernegara, itu sebabnya kita hadir di sini," ujar Anies.

Artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik