Kongres Luar Biasa Askab PSSI 2024 Bakal Digelar, Tiga Kandidat Muncul,Lantas Apa Aturan Main di KLB

Kongres Luar Biasa Askab PSSI 2024 Bakal Digelar, Tiga Kandidat Muncul,Lantas Apa Aturan Main di KLB

Olahraga | karanganyar.inews.id | Selasa, 16 April 2024 - 19:10
share

KARANGANYAR, iNewskaranganyar. id -Kongres Luar Biasa (KLB) Askab PSSI Karanganyar tak lama lagi bakal digelar.

 KLB Askab PSSI Karanganyar ini digelar untuk memilih orang nomer satu di Assosiasi Sepak Bola di Kabupaten yang terletak di lereng Gunung Lawu untuk periode 2024-2029.

Diantaranya mantan bupati Karanganyar Juliyatmono dan Ketua Askab PSSI Karanganyar periode 2020-2024, Prihanto. 

Sejumlah nama calon kandidat Ketum Askab PSSI Karanganyar bermunculan. Selain dua nama yang sebelumnya sudah muncul, yakni mantan Bupati yang saat ini terpilih menjadi anggota DPR RI Juliyatmono dan Ketua Umum Askab PSSI Karanganyar masa periode 2021-2024, nama Boby Aditia Putra muncul di bursa Ketum Askab PSSI Karanganyar 2024-2029. 


Boby Aditia Putra siap maju dalam pemilihan Ketua Umum Askab PSSI Karanganyar (Foto: iNewskaranganyar. id/Bramantyo)

 

Saat ditemui, politisi PDIP ini membenarkan kabar tersebut. Pria yang akrab disapa Bobby ini mengaku maju dalam pemilihan Ketua Umum Askab PSSI karena tak sabar ingin membenahi tata kelola persepakbolaan di Karanganyar.

Karena itulah dirinya memilih mengusung konsep young development. Dimana dirinya tak mau calon atlet sepakbola Karanganyar dibikin asal-asalan. 

"Pegang manajemen sepakbola itu harus punya passion dulu. Lalu fokus dan serius menyuplai tenaga dan materi," jelas Bobby yang kebetulan boe milik Klub Bulls Warrior ini. 

Bobby mengatakan dirinya telah mengantong dukungan dari 65 pemilik hak suara. Dukungan ini sebagai salah persyaratan untuk maju di pemilihan. 

Dengan modal dukungan yang dikantongi, Bobby optimis bila terpilih mampu menyelamatkan persepakbolaan di Karanganyar. 

Diakui Bobby, sistem yang ditetapkan pengurus periode sebelumnya sudah berjalan bagus namun perlu penyempurnaan dan penyegaran. 

Terutama membuka pembibitan calon atlet secara terkonsep dan diwadahi organisasi. 

"Selama ini SSB (sekolah sepakbola) sendiri-sendiri. Enggak ada pengawasan dari Askab PSSI," katanya. 

 

Ia yakin dengan pengalamannya menyelenggarakan event sepakbola berikut prestasi gemilangnya, dirinya optimis mampu memimpin Askab PSSI Karanganyar periode 2024-2029. 

Boby menyebut turnamen tarkam BAP Cup yang digelar rutin tahunan sukses membawa tim non liga tampil di kancah Soloraya. 

Sementara itu etua Tim Formatur KLB Askab PSSI Karanganyar, Aris Santoso mengatakan saat ini Tim Formatur Kongres Luar Biasa (KLB) Asosiasi Sepakbola Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Karanganyar tengah menyiapkan pendaftaran calon ketua umum. Rencananya, pengambilan formulir pendaftaran akan dilakukan pada 18 April 2024. 

"Bagi yang hendak mendaftarkan diri maju sebagai calon Ketua, wajib mengantongi minimal 20 persen dukungan dari total pemilik hak suara. Sedangkan pengambilan formulir pendaftaran akan dilakukan pada 18 April 2024," papar Aris Santoso pada wartawan, Selasa (16/4/2024). 

Ia mengatakan tim formatur yang telah dibentuk terdiri dari komite pemilihan dan banding. Tahap awal membuka desk pengambilan formulir pendaftaran pada 18 April 2024. 

"Sudah dilakukan pembentukan tim formatur yang terdiri komite pemilihan dan banding. Kita buka dulu untuk pengambilan formulir,"terang Aris. 

Hanya saja, proses pendaftaran masih menunggu kepulangan Ketua Umum Askab PSSI periode 2021-2024 Prihanto yang tengah menunaikan ibadah Umroh. 

" Untuk melanjutkan pembahasan tahapan pendaftaran hingga pencalonan menunggu kepulangan Ketua Umum Askab PSSI Karanganyar Prihanto yang tengah menunaikan ibadah Umroh, "ujarnya.

Ia mengatakan ada beberapa persyaratan bagi calon yang hendak mendaftar sebagai Ketua Umum. Selain mengantongi minimal 20 persen dukungan dari seluruh pemilik hak suara. Pemilk hak suara (PS) sebanyak 89.

"Dari jumlah itu, 87 manajemen kesebelasan sepakbola, satu suara dari perwakilan wasit dan satu suara dari manajemen futsal," katanya.

Dukungan terhadap calon mutlak diwujudkan surat resmi dukungan dari pemilik hak suara dan diserahkan ke panitia tim formatur.

"Syarat lainnya, calon sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan oleh instansi terkait, " Ujarnya.

Termasuk memiliki kemampuan berkolaborasi dengan Pemkab Karanganyar serta mitra lainnya dalam mengembangkan persebakbolaan Bumi Intanpari.

"Terpenting, mengikuti dan mematuhi statuta Asprov PSSI, "terangnya.***

Topik Menarik