Pilkada Tapanuli Utara 2024, Perindo Buka Peluang Komunikasi dengan PDIP

Pilkada Tapanuli Utara 2024, Perindo Buka Peluang Komunikasi dengan PDIP

Infografis | sindonews | Jum'at, 26 April 2024 - 06:20
share

DPW Partai Perindo Sumatera Utara (Sumut) siap membuka komunikasi politik dengan partai politik manapun untuk meloloskan kadernya Jonius Taripar Parsaoran (JTP) Hutabarat di Pilkada Tapanuli Utara 2024.

Termasuk dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang dikabarkan akan mengusung kadernya Satika Simamora untuk Pilkada Taput 2024.

Baca juga: Perindo Sumut Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah

Hal itu ditegaskan Ketua DPW Perindo Sumut, Rudi Zulham Hasibuan saat konferensi pers Pembukaan Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada 2024 di Kantor Sekretariat DPW Perindo Sumut, Jalan Cut Nyak Dhien, Kota Medan, Kamis (25/4/2024) sore.

"Kita terbuka untuk semua partai. Iya termasuk (PDIP), karena memang di sana (Taput) kita tidak bisa mengusung sendiri dan harus berkoalisi dengan partai politik lain yang memiliki kursi di DPRD Taput," tegas Rudi.

Saat ini pun, kata Rudi, JTP juga telah aktif berkomunikasi dengan sejumlah partai politik lain. JTP bahkan telah mengambil formulir pendaftaran beberapa partai politik.

"Beliau sudah ke beberapa partai kan. Ke Golkar lalu ke Demokrat. Kalau (daftar) ke kita kan bisa belakangan. Proses administrasinya akan lebih mudah kalau di kita," tukasnya.

Baca juga: Punya Pengalaman Pahit, Ini Kata Perindo soal Dukung Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024

Meski menyebut pihaknya membuka komunikasi dengan partai politik lain, namun Rudi menegaskan bahwa mereka akan memprioritaskan kader mereka untuk menjadi calon Bupati.

"Tentunya kita ingin jadi calon bupatinya, bukan calon wakil bupati," tegasnya.

Perindo memang cukup percaya diri untuk mengusung kader mereka, Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat di Pilkada Taput 2024. Kepercayaan diri itu cukup beralasan setelah perolehan suara Perindo melejit hingga 60 persen di wilayah tersebut pada Pemilu Legislatif 2024 lalu.

Perindo berhasil meraih posisi kedua dengan jumlah suara mencapai 26.428 suara dari total suara sah yang mencapai 173.866 suara. Perindo berhasil unggul dari Partai Golkar yang meraih 26.396 suara dan hanya kalah dari PDIP yang meraih 49.095 suara.

Atas perolehan suara itu, Perindo berhasil mendapatkan 6 kursi DPRD Taput, termasuk kursi pimpinan DPRD. Perolehan itu naik dari pemilu 2019, dimana Perindo hanya mendapatkan 2 kursi.

JTP memiliki popularitas dan elektabilitas cukup tinggi di Taput. Mantan Kapolres Taput itu sudah dua kali berhasil meraih kursi DPRD Sumatera Utara dari daerah pemilihan Sumut-9. Yakni dari Pemilu 2019 dan Pemilu 2024.

Pada Pemilu 2024, JTP berhasil meraih 39.792 suara dari dapil Sumut-9 yang meliputi Kabupaten Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Toba, Samosir, Humbang Hasundutan dan Kota Sibolga. Dari jumlah suara itu, 37.334 suara di antaranya di dapat dari Kabupaten Tapanuli Utara.

Sosok lain yang menjadi saingan berat JTP adalah Satika Simamora.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Taput yang juga istri dari mantan Bupati Taput 2019-2024, Nikson Nababan itu berhasil meraih 54.629 suara dari dapil Sumut-9 pada pemilu 2024 lalu.

Dari total perolehan suara itu, 46.139 suara berasal dari Kabupaten Tapanuli Utara.

Topik Menarik