Nah, Iran Peringatkan Bakal Bikin Senjata Nuklir jika Terancam oleh Israel

Nah, Iran Peringatkan Bakal Bikin Senjata Nuklir jika Terancam oleh Israel

Terkini | inews | Kamis, 9 Mei 2024 - 12:51
share

DUBAI, iNew.id - Iran bakal mengubah doktrin nuklirnya jika eksistensi negara terancam oleh Israel. Kedua negara saling serang pada bulan lalu, meningkatkan ketegangan di Timur Tengah yang sudah panas akibat perang Israel-Hamas.

Kamal Kharrazi, penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, negaranya sejauh ini tak punya keputusan untuk membuat senjata nuklir. Namun jika terancam oleh Israel, sikap itu bisa saja berubah.

Kami tidak punya keputusan untuk membuat bom nuklir, tapi jika eksistensi Iran terancam, tidak ada pilihan selain mengubah doktrin militer kami, kata Kharrazi, seperti dilaporkan Student News Network Iran, Kamis (9/5/2024).

Dia memberi isyarat bahwa Iran punya kemampuan membuat senjata nuklir.

Jika terjadi serangan terhadap fasilitas nuklir kami oleh rezim Zionis (Israel), (sistem) pencegahan kami bisa berubah, kata Kharrazi, merujuk pada fatwa Khamenei sebelumnya.

Khamenei pada 2000-an mengeluarkan fatwa yang melarang pengembangan senjata nuklir. Dia mengulangi kembali sikap itu pada 2019.

"Membuat dan menimbun bom nuklir adalah salah dan menggunakannya adalah haram. Meskipun kita punya teknologi nuklir, Iran dengan tegas menghindarinya," kata Khamenei, saat itu.

Namun, menteri intelijen Iran mengatakan pada 2021, tekanan dari negara Barat bisa mendorong negaranya untuk membuat senjata nuklir.

Di bawah kesepakatan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) yang diteken pada 2015, Iran bisa mengembangkan nuklir untuk kepentingan sipil dalam pengawasan ketat. Sebagai imbalannya, sanksi ekonomi terhadap Iran dicabut.

Namun Amerika Serikat (AS), salah satu negara yang ikut meneken kesepakatan, menarik diri pada 2018 di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump dengan menuduh Iran mengembangkan nuklir untuk persenjataan. Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang melakukan pengawasan langsung terhadap fasilitas nuklir Iran menepis tuduhan itu.

Sejak itu AS menjatuhkan kembali sanksi kepada Iran yang memukul telak perekonomiannya. Iran pun melakukan perlawanan dengan keluar dari butir kesepakatan yakni meningkatkan pengayaan uranium. Israel menyebut level pengayaan uranium Iran berada pada level yang selangkah lagi bisa menghasilkan senjata nuklir.

Meski demikian Iran tetap membantah tuduhan membuat senjata nuklir.

Topik Menarik