Singapura Kandangkan Jet Tempur F-16 Setelah Pesawat Jatuh saat Latihan

Singapura Kandangkan Jet Tempur F-16 Setelah Pesawat Jatuh saat Latihan

Terkini | inews | Kamis, 9 Mei 2024 - 07:22
share

SINGAPURA, iNews.id - Angkatan Udara (AU) Singapura menghentikan penggunaan jet tempur F-16 untuk latihan setelah pesawat tersebut jatuh pada Rabu (8/5/2024) siang. Jet tempur buatan AS itu jatuh saat lepas landas di Pangkalan Udara Tengah, pilot selamat setelah keluar menggunakan kursi lontar.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Singapura menyatakan, pihaknya menghentikan sementara latihan menggunakan jet tempur F-16. Insiden pada Rabu kemarin terjadi saat latihan penerbangan rutin.

Menurut Kemhan, penangguhan latihan dengan F-16 tersebut sebagai tindakan pencegahan dan berlaku sampai hasil penyelidikan mengungkap penggunaannya masih aman. 

Penyebab pesawat jatuh belum bisa dipastikan, penyelidikan masih berlangsung. 

Sementara itu pilot yang terlibat insiden dalam kondisi stabil. Dia masih sadar dan bisa berjalan saat dievakuasi tim medis. Berdasarkan keterangan dari pilot, ada masalah dalam kendali pesawat saat lepas landas saat kejadian.

Pilot tersebut memiliki pengalaman lebih dari 2.000 jam terbang menggunakan F-16.

Singapura telah mengoperasikan F-16 selama hampir 30 tahun selama periode itu telah terjadi empat kecelakaan. Sebelum ini, yakni pada 2004, satu jet tempur F-16-nya jatuh di Arizona, AS, menewaskan seorang pilot.

Pesawat yang jatuh dalam insiden terbaru dan di Arizona memiliki tipe yang sama yakni tempat duduk tunggal atau F-16C.

Topik Menarik