Gaji PNS Naik 13 Persen, PM Anwar Ibrahim: Terbaik dalam Sejarah Malaysia!

Gaji PNS Naik 13 Persen, PM Anwar Ibrahim: Terbaik dalam Sejarah Malaysia!

Terkini | inews | Rabu, 1 Mei 2024 - 13:45
share

PUTRAJAYA, iNews.id Pemerintah Malaysia akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar lebih dari 13 persen mulai Desember. Kabar tersebut diumumkan langsung oleh Perdana Menteri Anwar Ibrahim, hari ini.

Kenaikan (gaji PNS ini) terbaik dalam sejarah oleh Kerajaan Madani (Malaysia), kata Anwar dalam sebuah acara untuk memperingati Hari Buruh di Putrajaya, Malaysia, Rabu (1/5/2024), seperti dikutip kantor berita Bernama.

Reuters melansir, pengumuman tersebut muncul di tengah melambungnya harga kebutuhan masyarakat negeri jiran dan melemahnya mata uang ringgit. Anwar sebelumnya berjanji akan memotong subsidi dan menaikkan pajak tahun ini, serta mengarahkan kembali bantuan keuangan kepada masyarakat yang membutuhkan agar benar-benar tepat sasaran.

Para analis telah menandai risiko inflasi dan kenaikan harga bahan bakar akibat rencana pemotongan subsidi tersebut, di tengah penurunan ekspor dan pertumbuhan ekonomi yang tidak terlalu tinggi.

Untuk (APBN Malaysia) tahun depan, ketika mulai diberlakukan, (belanja pegawai) ini melibatkan alokasi lebih dari 10 miliar ringgit (Rp34 triliun), ujar Anwar.

Dia mengungkapkan, Pemerintah Malaysia sedang merampungkan rencana anggaran untuk memastikan setiap pegawai negeri memperoleh penghasilan minimal lebih dari 2.000 ringgit (sekitar Rp6,8 juta) per bulan.

Pemerintah dan bank sentral Malaysia memperkirakan pertumbuhan ekonomi setahun penuh pada 2024 sebesar 4 hingga 5 persen atau naik dari 3,7 persen pada tahun lalu. Capaian Malaysia tahun lalu tercatat sebagai penurunan tajam dari pertumbuhan tertinggi yang diperoleh negara itu dalam 22 tahun terakhir, yaitu sebesar 8,7 persen pada 2022.

Ringgit melemah 3,9 persen terhadap dolar AS tahun ini. Nilainya jatuh ke level terendah dalam 26 tahun pada Februari lalu. Pemerintah dan bank sentral Malaysia mengaitkan lemahnya kinerja ekonomi negara tersebut sebagian besar dengan faktor eksternal. Mereka memperkirakan kinerjanya akan menguat pada tahun ini.

Topik Menarik