PBB: Invasi Israel di Rafah Bakal Sebabkan Gejolak Konflik yang Tak Terbayangkan

PBB: Invasi Israel di Rafah Bakal Sebabkan Gejolak Konflik yang Tak Terbayangkan

Terkini | inews | Rabu, 1 Mei 2024 - 07:11
share

NEW YORK, iNews.id - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, mengingatkan serangan militer Israel terhadap Rafah di Jalur Gaza akan menyebabkan gejolak konflik yang tidak terpikirkan. Dia pun menyebut serangan itu bakal menyebabkan kematian ribuan warga sipil Palestina.

"Serangan militer terhadap Rafah akan menjadi eskalasi yang tak tertahankan, menewaskan ribuan warga sipil dan memaksa ratusan ribu orang mengungsi," ungkap Guterres, Selasa (30/4/2024).

Dia menambahkan, serangan itu akan berdampak buruk pada Gaza serta penduduk Tepi Barat dan wilayah yang lebih luas.

Sementara Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, invasi besar-besaran Israel ke Rafah akan mengakibatkan bencana kemanusiaan. Dia pun mendesak semua pihak yang berkonflik untuk mengupayakan perdamaian abadi.

"Invasi besar-besaran di Rafah akan menjadi bencana kemanusiaan. Kami mengimbau Israel untuk tidak melanjutkannya. Kami mendesak semua pihak untuk mengupayakan gencatan senjata dan perdamaian abadi," cuit dirjen WHO itu di platform X.

Sebelumnya pada hari yang sama, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pihaknya tetap akan melakukan operasi militer di Rafah, terlepas dari tercapai atau tidaknya kesepakatan mengenai pembebasan tawanan dengan Hamas. Dia menambahkan, militer Israel akan memasuki Rafah untuk melenyapkan sisa-sisa batalion Hamas dengan dalih zionis tidak punya pilihan lain.

Topik Menarik